15 Parpol Ikuti Bintek Verifikasi Sistem Informasi Partai Politik

Klaten – Menjelang pemilu 2019 sebanyak 15 partai politik (parpol) mengikuti bimbingan teknis (bintek) Tata Cara Pendaftaran Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019. Bintek digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Klaten di hotel Grand Tjokro. Komisioner KPUD Klaten Divisi Sosialisasi M Anshori mengatakan, pendaftaran parpol untuk Pemilu 2019 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Dijelaskan, parpol yang akan mendaftar Pemilu 2019 wajib mengunggah data keanggotaan melalui SIPOL.
“Data keanggotaan itu menjadi syarat verifikais parpol. Untuk ikut pemilu parpol harus melalui dua tahap verifikasi yakni administrasi dan faktual,” kata Anshori, Kamis (5/10).

Adapun 15 perwakilan parpol peserta bintek SIPOL terdiri dari parpol peserta pemilu sebelumnya dan tiga parpol baru. Tiga parpol baru meliputi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, dan Partai Berkarya.
”Sejauh ini yang sudah aktif berkomunikasi dan terlibat dalam kegiatan sosialisasi 3 partai baru tersebut,” kata Anshori.
Anshori berharap, dari kegiatan bintek parpol lebih siap dan memahami persyaratan apa saja untuk Pemilu 2019. Sehingga proses verifikasi administrasi dan faktual berlangsung lancar. Ditambahkan, tiga partai baru yang diundang untuk bintek karena dianggap paling aktif dalam kegiatan sosialisasi dan komunikasi dengan KPU.

telah dibaca: 12 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *