2.030 Pelajar Mengikuti Festival Ketoprak Pelajar 2018

DmvJSlyUwAAQCXM
DmvJUMfUUAEfvRK
IMG_8126

Festival Ketoprak Pelajar (FKP) kembali digelar pada 2018, yang digelar di aula SD Krista Gracia Klaten (SD 3 Kristen Klaten). Dan diikuti oleh pelajar sekolah tingkat SD, SMP/MTs, serta SMA/SMK se Eks-Karesidenan Surakarta, melibatkan 2.030 pelajar dari 58 sekolah. FKP tahun ini memperebutkan Piala Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Klaten.

Pemilik Amigo Group, Edy Sulistyanto, mengatakan FKP digelar sebagai stimulan bagi sekolah dalam hal pelestarian budaya Jawa melalui ketoprak, menurutnya pelestarian budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari penguatan pendidikan karakter. Edy juga menjelaskan FKP tidak hanya sekadar menjadi rutinitas pergelaran ketoprak yang digelar setiap tahun, tetapi sebagai tempat untuk mengajarkan kemajemukan.

Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Budi Santosa menyampaikan, Gubernur Jawa Tengah menyambut baik diadakannya FKP ini. FKP merupakan upaya untuk melestarikan seni budaya, terutama seni ketoprak. Gubernut Jawa Tengah berharap, tahun depan, Festival Ketoprak Pelajar ini dapat diselenggarakan secara lebih luas lagi. Tidak hanya sebatas Kabupaten Klaten dan (daerah) Solo Raya saja.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Amigo Group yang telah mengadakan FKP. Ini merupakan bukti bahwa Amgio Grup telah peduli dan ikut nguri-uri seni budaya ketoprak.

“Klaten ini ada orang-orang hebat, yang mau peduli dan nguri-uri budaya, seperti Pak Edy Sulistyanto ini. Saya yakin, Kabupaten Klaten akan lebih kuncoro lagi,” Kata Bupati Klaten.

Para Pemenang Festival Ketoprak Pelajar Tingkat SMA/SMK telah diumumkan Selasa sore (11/9). Berikut daftar para peserta pemenangnya:

  1. Juara 1 FKP 2018 SMA N 1 Karanganom
  2. Juara 2 FKP 2018 SMK N 1 Tulung
  3. Juara 3 FKP 2018 SMK Barbudi Gantiwarno

telah dibaca: 6 kali

Comments are closed.