4 Makanan Khas Klaten Yang Perlu Dicoba

Jika membahas makanan khas Klaten pasti yang muncul pertama kali di kepala, adalah Sop Ayam Pak Min. Tapi kali ini akan kita bahas macam-macam makanan di Klaten yang mungkin belum banyak orang tahu dan harus dicoba, berikut beberapa daftar makanan yang ada di Klaten, selain sop ayam yang sudah cukup terkenal itu.

  1. Nasi Tumpang Lethok

Nasi Tumpang Lethok adalah makanan khas daerah Klaten, Jawa Tengah. Makanan ini dapat kita jumpai di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto, Nasi Tumpeng Lethok terdiri dari nasi putih, sayuran, telur rebus, dan disiram dengan kuah sambal tumpang atau sambal lethok yang terbuat dari campuran tempe, cabai, santan dan bumbu-bumbu lain.

Nasi Tumpang Lethok

  1. Ayam Panggang Klaten.

Ayam Panggang Khas Klaten ini dimasak dengan berbagai bumbu areh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah jawa dan santan. Serta dimasak dengan cara diungkep, menjadikan rasa ayam panggang ini dominan manis sedikit gurih.

Ayam Panggang Klaten

  1. Soto dan Bacem Bebek

Soto pada umumnya menggunakan daging ayam atau sapi dalam penyajiannya, tapi soto yang satu ini sedikit berbeda, yaitu menggunkana daging bebek bacem. Perpaduan antara daging bebek yang empuk dengan kuah segar dan bumbu rempah membuatnya lezat. Belum lagi Bacem Bebek yang gurih dan manis menambah kenikmatannya.

Soto dan Bacem Bebek

  1. Kepelan

Kepel merupakan salah satu cemilan khas klaten yang pertama kali berasal dari desa ciro, kecamatan pedan kabupaten Klaten, provinsi Jawa tengah. Cemilan murah ini terbuat dari bahan – bahan sederhana seperti tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica, garam dan sedikit penyedap rasa. Nama cemilan ini diambil berdasarkan dari bentuknya yang menyerupai kepalan tangan. Dengan rasa yang dominan gurih, cemilan ini biasa dipadukan dengan saus sambal.

Kepelan

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *