Agustus Pemkab Klaten Mulai bangun TPA Troketon

Bupati Klaten Tinjau Lahan TPA TroketonwebKLATEN – Pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Troketon Kecamatan, Pedan segera akan dilakukan pada pertengahan Agustus mendatang. Pembangunan TPA tersebut rencananya akan menelan anggaran sebesar Rp1,43 miliar.

“Pembangunan akan dilakukan secara bertahap dengan total luas bangunan 1.500 meter persegi,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten, Abdul Mursyid, Senin (01/08).
Mursyid menambahkan, TPA Troketon akan menempati lahan seluas 9,464 hektar. Dan saat ini, Pemkab Klaten sudah membebaskan 3,2 hektar. Adapun pembangunan TPA Troketon meliputi pembangunan fisik berupa tempat pemilahan sampah dan pengadaan alat untuk pemrosesan sampah.

“Nantinya, sampah yang masuk ke Troketon akan langsung dilakukan pemilahan dan pemrosesan. Dan dengan adanya penerapan 3R (reduce, reuse, recycle) di sejumlah kecamatan, diperkirakan sampah yang masuk ke Troketon sebesar 60 ton per hari,” imbuh Mursyid.

Di sisi lain, Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setda Klaten, Sigit Gatot Budiyanto menjelaskan, paket pembangunan TPA Troketon sudah dilelangkan. Dan saat ini, proses lelang sudah memasuki tahap klarifikasi.
“Bila sesuai jadwal, pada pertengahan Agustus nanti sudah mulai action. Semoga semua berjalan dengan lancar,” urai Sigit.

telah dibaca: 305 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *