Apel Siaga Lebaran Idul Fitri di Candi Prambanan

Muspida mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Candi 2016

Klaten – Lapangan Garuda Mandala, kompleks Taman Wisata Candi Prambanan dipilih Polres Klaten untuk menggelar apel pasukan Ramadniya Candi 2016, Kamis (30/6). Operasi kemanusiaan yang sebelumnya bersandikan Operasi Ketupat Candi ini dilakukan dalam rangka pengamanan mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah di wilayah Klaten. Total petugas yang dilibatkan selama Operasi Ramadniyah 2016 mulai Kamis (30/6/2016) hingga Kamis (14/7/2016) berjumlah 1.000 orang yang berasal dari polisi, TNI, Satpol PP, Dishub, hingga organisasi kemasyarakatan (ormas).

Menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, AKBP Faizal mengatakan, sasaran pengamanan meliputi kegiatan ibadah, mobilitas angkutan manusia dan barang serta kegiatan lain yang menyertai, baik di terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, pertokoan, keramaian masyarakat dan lainnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan ada tujuh pos yang disiagakan selama Operasi Ramadaniyah digelar. Tujuh pos tersebar di Kecamatan Prambanan; Kraguman, Kecamatan Jogonalan; Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan; Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara; Alun-Alun Klaten, Terminal Ir. Soekarno, dan Desa Karang, Delanggu. “Dari tujuh pos itu terdiri dari satu pos pelayanan, satu pos terpadu, dan lima pos pengamanan,” kata Kapolres.

Apel diikuti ratusan personel dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PMI, Pramuka, dan ormas lainnya. Terlihat hadir Bupati Klaten Sri Hartini, Komandan Kodim 0723/ Klaten Letkol Inf Bayu Jagat, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto, serta sejumlah kepala dinas di Pemkab Klaten

Dalam apel itu juga dilakukan pemusnahan minuman keras (miras) dan petasan. Jumlah miras yang dimusnahkan terdiri dari 669,8 liter ciu dan 116 botol miras berbagai merek. Sementara, petasan yang dimusnahkan mencapai 84.998 biji. Miras dan petasan merupakan hasil operasi yang digelar selama Ramadan.

telah dibaca: 37 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *