’Babat Alas Wonomarto” Semangati Pembuatan Jalan Evakuasi Merapi oleh TNI dan Warga

wayang

KLATEN, panturaNews.info  – Ada acara ritual Jawa cukup unik, menjelang dilaksanakannya TMMD Reguler ke-76 Kodim 0723/Klaten. Yakni, usai upacara pembukaan, malam harinya Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, menggelar pagelaran wayang semalam suntuk dengan lakon yang mengilhami kegiatan TNI Kodim Klaten bersama Desa Panggang. Yakni, membeber lakon Babat Alas Wonomarto.

Dalang yang ditampilkan di pagelaran wayang dengan mengambil tempat Balai Desa Panggang itu juga sspesial, yakni Kapten Inf. (Purn) Sardiyanto, yang  mantan Danramil 19/Trucuk/Kodim Klaten. ‘’Ini hanya sebuah petuah dan penyemangat bagi warga untuk sepenuhnya membantu bapak-bapan TNI yang sedangmembuka lahan baru untuk jalur evakuasi di Desa Panggang,’’ jelas Kepala Desa Panggang, Nandang Nuryanto, yang ditemui di sela-sela pertunjukan, Selasa (3/05/2016) malam.

Dijelaskan, untuk pemilihan lakon “ Babad Alas Wonomarto”, sebagai penggambaran dengan kegiatan yang sedang dilaknsakan TNI Kodim Klaten bersama warga masyarakat di Desa Panggan. Dalm lakon tersebut, diceritakan,   Pandawa yang sedang berjuang untuk membuka lahan yang masih berupa hutan.

Gotong Royong

Setelah dibabad, oleh keluarga Pendawa dikelola dengan penuh rasa kebersamaan serta gorong royong. Dan akhirnya alass tersebut menjadi sebuah lahan hamparan, yang lama kelamaan berdirilah sebuah  negara, Yakni  Indra Prasta. Sebuah negara yang cukup makmur, sejahtera.  Gemahripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo.

Dengan penggambaran tersebut, diharapkan, dengan dilaksanakannya program TMMD di Desa Panggang, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Panggang, dan hasil akhir dari program TMMD tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, khusnya masyarakat Desa Panggang

telah dibaca: 22 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *