BPBD dan Sarda Klaten Gelar Latgab Penanggulangan Bersama

KLATEN – Kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klaten Jawa Tengah bersama Sarda Klaten menggelar kegiatan Latgab (latihan gabungan bersama), Sabtu (7/10). Kegiatan ini diikuti sekitar 150 peserta dari berbagai unsur meliputi, TNI/Polri/Menwa/SAR/PMI/BPBD/Pramuka serta organisasi masyarakat.

Latihan selama 3 hari dalam tiga minggu dilakukan secara bergantian di tiga tempat, dimana terakhir pada Minggu awal Oktober nanti dipusatkan di lapangan Lemah Miring, Kecamatan Bayat, Klaten sekaligus menggelar kegiatan simulasi penanggulangan bencana.

Koordinator Operator Pusdalop BPBD Klaten Arif Fuad Hidayat menjelaskan latihan serta simulasi kebencanaan digelar dalam rangka melakukan koordinasi serta pemantapan tim guna persiapan menyambut musim penghujan serta memasuki musim pancaroba. Sebagai antisipasi bencana yang sering timbul dmusim hujan, maka pelatihan lebih dititik beratkan pada sektor evakuasi penyelamatan korban, penanggulan banjir dan orang hanyut serta jika terjadi tanggul jebol atau tanah longsor, pengetahuan medis hingga dapur umum.

“Selain melakukan simulasi penanganan bencana dalam mondisi darurat, peserta juga dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan tentang kebencanaan, mulai dari cara melakukan pertolongan pertama, evakuasi, antisipasi bencana susulan hingga masalah pengetahuan tentang medis kesehatan”, jelasnya.

Dalam musim hujan lanjut Arif Klaten sangat rawan akan terjadinya banjir yang disebabkan luapan air sungai aatu tanggul jebol. Beberapa titik yang rawan meliputi sebagian wilayah kecamamatan Prambanan, Gantiwarn, Bayat, Cawas dan Karangdowo yang dilewati sungai Dengkeng atau anak sungai Dengkeng yang bermuara di sugai Bengawan Solo.

telah dibaca: 12 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *