BPBD Resmi Lantik Ratusan Siswa SMP di Klaten jadi Fasilitator Siaga Bencana

 

 

 

 

 

 

 

Klaten- Ratusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilantik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menjadi fasilitator sekolah siaga bencana, Senin (07/08/2017). Usai resmi dilantik, nantinya pelajar SMP ini akan berperan penting di sekolah dalam melatih dan mendampingi guru serta siswa lain ketika menghadapi bencana. “Pelantikan kami lakukan terhadap siswa siswi SMP N 1 Klaten. Pelajaran kebencanaan nantinya akan disampaikan oleh fasilitator saat kegiatan ekstra kurikuler secara rutin kepada semua siswa dan guru,” ujar Bambang.

 

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Bambang Giyanta mengatakan sebelum dilantik pelajar ini telah mengikuti pembekalan baik materi kebencanaan, penanganan, pengurangan resiko bencana dan praktek selama satu tahun oleh tim sekolah siaga bencana. Sehingga mereka sudah memiliki bekal dan kemampuan dasar dalam hal kebencanaan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan kemandirian dan kesadaran akan pentingnya pengetahuan menghadapi bencana di kalangan pelajar.

Menurutnya, pelantikan pelajar SMP ini telah mengukir sejarah baru dalam hal kegiatan siaga bencana. Mereka yang berperan dalam hal kebencanaan ini nantinya akan mendapat perhatian baik dari BPBD maupun Dinas Pendidikan. Tidak hanya itu, mereka juga akan menerima piagam penghargaan untuk meningkatkan semangat dan terus menyebarkan pengetahuan yang sudah diberikan dari BPBD.

“Sekolah siaga bencana tidak hanya di tingkat SMP, namun juga dilakukan pada pelajar SD dan SMA. Untuk saat ini sudah ada kurang lebih 30 sekolah yang sedang mulai menjadi sekolah siaga bencana,” kata dia.
Dengan adanya hal ini diharapkan dapat memunculkan kesiapsiagaan terhadap bencana di masa mendatang harus ditanamkan sejak dini kepada generasi muda. Ia juga mengungkapkan bahwa tingginya tingkat kebencanaan yang terjadi, mereka yang berperan sebagai fasilitator akan memiliki upaya penting di wilayah Kabupaten Klaten.

telah dibaca: 9 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *