Dana Desa Untuk Bangun Kampung KB

Klaten – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) menggelar Rapat Koordinasi Keluarga Berencana (Rakor KB) guna memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK) di gedung Wanita Klaten, Selasa (08/08).

Sebanyak 150 peserta mengikuti Rakor KB dari unsur Kepala Puskesmas, Koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) kecamatan, kepala desa dan pendampingnya, dan undangan lainnya. Kegiatan sehari menampilkan dua Pembicara Kliwon Yoso dari Bapermas dengan Tema Dukungan Dana Desa Untuk Pengembangan Kampung KB dan Abdul Jabar Fasilitator Proviinsi Kampung Keluarga Berencana, untuk mendapatkan dukungan dan komitmen bersama terhadap pelaksanaan serta meningkatkan capaian program KKBPK.

Menurut Kepala Seksi Keluarga Berencana Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinsos P3AKB, Sriyono, program kampung KB didirikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau setara memalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta mewujukan keluarga kecil yang berkualitas.
”Ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam program KKBKK dan program lain yang berada didalamnya,” kata dia.

Sedang Plt Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Klaten Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr Rony Rukmito menyampaikan, Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) membutuhkan peranan aktif dari seluruh masyarakat di berbagai lapisan. Hal ini dilakukan agar program Kampung KB yang arahnya ada di setiap desa bisa terwujud, sehingga pencapaian keluarga kecil bahagia sejahtera segera tercapai.
“Sebagaimana diketahu bersama bahwa jumlah penduduk Jawa Tengah yang hampir mencapai 33 juta jiwa merupakan jumlah penduduk terpadat di Indonesia setelah Jawa Barat dan Jawa Timur,”ujarnya.

telah dibaca: 16 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *