Fikri , Pelajar SMU Yang Tidak Malu Menabuh Gamelan

Klaten  – Gendhing Gugur Gunung mengalun indah di Pendopo Pemkab Klaten. Tangan-tangan muda terampil itu salah satunya adalah Fikri Gusti Ardiansyah (17), pelajar kelas tiga SMU Negeri 3 Klaten. Fikri mengaku tidak malu menabuh gamelan. Kegemaran musik Jawa  ia jalani tiga tahun terakhir dibangku sekolah dan dibuktikan mampu mengiringi lima widuwati muda bersama 18 pengerawit pelajar SMU Negeri 3 Klaten saat mengisi acara  Karawitan yang rutin dipancar-siarkan setiap Kamis melalui Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten di gelombang 91,6 FM.

Fikri yang tinggal di Jatinom bercerita awal mula gemar menambuh gamelan adalah kebiasaan waktu kecil yang suka memukul-mukul barang untuk didengar suaranya.  Ketika masuk bangku sekolah SMU, kebiasaan dari kecil itu ia salurkan dengan menabuh gamelan yakni bonang.  Selama ini Fikri mengeluhkan minimnya acara festival karawitan pelajar yang digelar pemerintah.  Ia baru tahu dan senang bisa siaran langsung di  acara Karawitan Jawa yang dipancar-siarkan RSPD Klaten di bawah Bagian Humas Klaten.

Menanggapi acara tersebut Wahyudi Martono Kepala Bagian Humas Klaten mengatakan melalui Karawitan Jawa pancar siar RSPD ini dimaksudkan memberi ruang pelajar dan pemuda untuk mencintai musik Jawa gamelan.  Selaian karawitan, RSPD juga memancar-siarkan juga ketoprak pelajar.  Harapannya adalah para pelajar Klaten bisa menyalurkan kreatifitas secara positif  salah satunya melalui kesenian Jawa dan bagian Humas punya peran di situ.  Wahyudi Martono berpesan pelajar Klaten harus waspada akan penyakit zaman terutama jauhi narkoba, aksi vandalisme, mabuk-mabukan, pergaulan bebas apalagi narkoba.

telah dibaca: 34 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *