Umbul Susuhan Desa Manjungan menjadi Favorit Wisata Air

Klaten – Siapa sangka Umbul Susuhan yang kini kian ramai dikunjungi masyarakat dan menjadi favorit wisata air yang terletak di Desa Manjungan, Ngawen, Klaten awalnya adalah tempat cuci mobil. Keterangan ini diperoleh saat berbincang-bincang dengan Anang Widjatmoko selaku Camat Ngawen di Halaman Desa Ponggok, Polanharjo beberapa saat lalu. Anang Widjatmoko menjelaskan awalnya Umbul Susuhan yang tepat di barat jalan alternatif Klaten – Boyolali adalah bekas cucian mobil truk angkutan yang melintas sepanjang jalan. Nilai sewanya pun hanya 10 juta per tahun oleh desa setempat. Tapi dengan sentuhan dana desa, bekas cucian mobil itu dibangun menjadi taman wisata pemandian. Secara bertahap sejak bergulir dana desa 2015 sampai 2017 dibangunlah pemandian dengan wahana anak-anak, dewasa dan khusus wanita menelan dana 900 juta. Pemandian wanita di Umbul Susuhan kata Anang Widjatmoko menjadi terobosan desa sekaligus melihat kebutuhan umat saat ini akan hadirnya pemandian syariah.

Lilik Tri Jatmiko pedamping desa Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku mengatakan, Umbul Susuhan menjadi salah satu mata air yang masih aktif di Desa Desa Manjungan, Ngawen, Klaten. Kualitas airnya tidak kalah dengan umbul Cokro, Jolotundo atau Pluneng. Rata – rata pendapatan Umbul Susuhan sejak dibuka resmi Maret 2017 mencapai 40 juta. Dengan melihat anemo kunjungan masyarakat Lilik Tri Jatmiko optimis tidak ada dua tahun bisa kembali modal.

Berdasarkan informasi Umbul Susuhan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa atau Bundes Mahanani itu mampu membuka lapangan kerja dengan menyerap 15 karyawan, belum lagi pedagang, petugas parkir dan tenaga informal lainnya. Dengan tiket masuk yang merakyat sebesar 5.000 masyarakat bisa menikmati semua wahana yang ada. Seiring pamor Umbul Susuhan yang kian meluas, tak jarang warga kota sekitar seperti Surakarta dan Boyolali datang berkunjung apalagi di hari – hari libur.

telah dibaca: 16 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *