Gora Swara Nusantara Pertama Diadakan di Hulu Kaliworo

goraswaranusantara-3
gora-swara-nusantara-web
gora-swara-nusantara-web3

Sungai Kaliworo, sebuah sungai tempat mengalirnya lahar dingin dari aliran sisa erupsi Gunung Merapi. Kaliworo biasanya digunakan untuk penambangan material sisa erupsi Merapi. Dasar sungai Kaliworo yang cukup luas diapit tebing-tebing tinggi di lereng Gunung.

Pemerintah Kabupaten Klaten bersama Komunitas Peduli Klaten mengadakan Pagelaran Kesenian Kolaborasi Gora Swara Nusantara dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pagelaran yang melibatkan puluhan grup kesenian dan 500 pelaku seni meramaikan Kaliworo.
Acara dimulai dengan acara kirab dari atas tebing menuju dasar Kaliworo, beberapa peserta ikut pawai, Siantar pawai tersebut ditampilkan Wayang Petruk Kayu setinggi 3 meter, Ogoh-ogoh dan Barongsai.

Kesenian yang tampil karawitan, perkusi, tari, gejog lesung, musik etnik, terbangan, cokekan, wayang, ogoh-ogoh, paduan suara, musik pasir, Tari Gedrug Merapi dan barongsai.

Bupati Klaten, Sri Hartini, yang hadir dalam gelaran itu menyambut baik kegiatan yang diinisiasi masyarakat. Ia mendukung gelaran tersebut lantaran memiliki potensi pariwisata. “Kami sangat mendukung karena pagelaran ini memiliki potensi wisata sehingga diharapkan mampu meningkatkan pariwisata di Kabupaten Klaten,” katanya.

telah dibaca: 42 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *