Gunungan 5000 Tahu Bakso ikut Meriahkan Hari Kemerdekaan

Gunungan tahu bakso meriahkan HUT RI72 (3)
Gunungan tahu bakso meriahkan HUT RI72 (1)
Gunungan tahu bakso meriahkan HUT RI72 (2)

Klaten – Berbagai acara dilakukan untuk menyambut Hari Kemerdekaan. Salah satunya di Desa Jetis dan Trunuh Kecamatan Klaten Selatan. Warga membuat gunungan berisi tahu bakso setinggi dua meter dan diarak mengelilingi dua desa dengan rute 8 kilometer. Acara tersebut dilaksanakan saat mengikuti jalan sehat, Minggu (20/8).
Kepala Desa (Kades) Jetis, Mulyatno, mengemukakan, gunungan tahu bakso dibuat dari 5.000 tahu bakso. Seluruhnya merupakan sumbangan dari para perajin tahu bakso dari Desa Jetis dan Trunuh. Setelah diarak, gunungan tahu bakso dibagikan kepada masyarakat. Guna menghindari kericuhan, panitia menerapkan antrean dan membagian masing-masing 2 tahu bakso untuk warga.
“Sekaligus menegaskan bahwa industri tahu bakso merupakan potensi dari Desa Jetis dan Trunuh. Harapan kami ke depan usaha dari dua desa ini bisa dikembangkan agar lebih maju lagi dan menyejahterakan masyarakat,” ucapnya
Mulyatno menyebut, sedikitnya ada 100 perajin tahu bakso di Desa Jetis dan Trunuh. Pengembangan dapat dilakukan dengan membentuk BUMDes bersama maupun menghadirkan varian produk baru. Harapan kami ke depan usaha dari dua desa ini bisa dikembangkan agar lebih maju lagi dan menyejahterakan masyarakat.
Meski usaha tahu bakso cukup menjanjikan namun, salah satu kendala para perajin adalah produk tidak tahan lama karena dalam kondisi basah. Wargapun berharap ada teknologi atau cara pengemasaan supaya produk bisa menjangkau wilayah lain sehingga tidak cepat basi.

telah dibaca: 26 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *