Gurihnya “Kepelan” Cemilan Khas Klaten Yang Berasal Dari Kecamatan Pedan

Gurihnya-Kepelan-kuliner-asli-pedan-klaten-640x300  kepelan pedan Berkunjung ke Klaten tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba cemilan atau jajanan unik satu ini, yaitu Kepelan (biasa juga disebut Kepel). Kepelan adalah makanan ringan yang berasal dari Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Bahan-bahan untuk memuat Kepelan ini sangat sederhana, hanya terbuat dari tepung terigu dan campuran bumbu-bumbu. Resep bumbunya terdiri dari, bawang merah, bawang putih, merica, garam, air dan sedikit penyedap rasa, semua bahan di haluskan dan dicampur hingga menjadi sebuah adonan, setelah itu baru di goreng kecil-kecil menyerupai kepalan tangan.

Kepelan paling nikmat jika disajikan ketika masih hangat dengan cocolan saos sambal atau saus kacang. Harganya pun juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp 5.000,- saja kita sudah bisa menikmatinya. Selain di goreng ada juga yang di bakar dengan ditusuk menyerupai sate, untuk 1 tusuk berisi kurang lebih 4-5 buah, dengan harga Rp 1.000,-.

Cemilan ini sangat mudah dijumpai di daerah Klaten, tepatnya di sepanjang jalan utama Kecamatan Pedan, setiap sore penjual pun sudah membuka dagangannya di pinggir jalan.

Kini Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Pedan untuk mencari cemilan lezat ini. Karena di daerah alun-alun Klaten juga sudah banyak pedagang yang menjual Kepelan ini. Tunggu apa lagi? Saatnya kamu mencoba camilan yang Gurih dan Lezat ini!

sumber

telah dibaca: 265 kali

Bagikan melalui:

Comments are closed