KESEHATAN

Kembali

 

 

mersudi kawarasing raga, tan beda karo kalarasing jiwa. Mula den mula, persudinen warasing raga-larasing jiwa.  Sa-sa (sabar-sareh, bakale pikoleh)

Upaya yang dilakukan dalam penyelenggaraan urusan kesehatan diantaranya memperbaiki derajat kesehatan masyarakat dan pelayanan dasar bidang kesehatan. Berbagai indikator capaian urusan kesehatan yang perlu menjadi perhatian adalah.

  1. Angka Kematian Ibu (AKI)

Kondisi Angka Kematian Ibu di Kabupaten Klaten dalam kurun waktu tahun 2010-2014 cenderung mengalami peningkatan. Penyebab kematian ibu karena adanya pernikahan dini, hipertensi dan pendarahan, juga faktor-faktor non medis. Kondisi ini menggambarkan derajat kesehatan masyarakat perlu di tingkatkan terutama di wilayah-wilayah kecamatan dengan kasus kematian ibu yang tinggi, yang di antaranya adalah kecamatan:  Ceper, Bayat dan Cawas. Perkembangan angka kematian ibu melahirkan di Kabupaten Klaten selama tahun 2010-2014 dapat dilihat pada Gambar sebagai berikut.

Gambar Perkembangan Angka Kematian Ibu di Kabupaten Klaten Tahun 2010-2014

  1. Angka Kematian Bayi (AKB)

Kondisi Angka Kematian Bayi di Kabupaten Klaten dalam kurun waktu tahun 2010-2014 cenderung mengalami penurunan. Penyebab kematian bayi karena pengaruh ibu masih muda,  hipertensi ibu melahirkan dan pendarahan, juga faktor-faktor non medis. Kondisi ini menggambarkan bahwa derajat kesehatan masyarakat perlu di tingkatkan terutama di wilayah-wilayah kecamatan dengan kasus kematian ibu yang tinggi, seperti: Kecamatan Kebonarum, Gantiwarno dan Pedan. Perkembangan angka kematian bayi melahirkan di Kabupaten Klaten selama tahun 2010-2014 dapat disajikan pada Gambar sebagai berikut.

Gambar Perkembangan Prosentase Angka Kematian Bayi di Kabupaten Klaten Tahun 2010-2014
  1. Persentase Balita Gizi Buruk

Kondisi Persentase Balita Gizi Buruk di Kabupaten Klaten dalam kurun waktu tahun 2010-2014 bersifat  fluktuatif. Penyebab gizi buruk  karena pengaruh geografis dan asupan makanan bayi, juga faktor-faktor non medis. Wilayah kecamatan dengan kasus gizi buruk yang tinggi diantaranya Kecamatan Gantiwarno, Jogonalan dan Kalikotes. Perkembangan Persentase Balita Gizi Buruk di Kabupaten Klaten selama tahun 2011-2014 sebagai berikut.

Gambar Perkembangan Presentase Gizi Buruk di Kabupaten Klaten Tahun 2011-2014
Tabel Prevalensi Status Gizi Balita Menurut Indeks BB/U
Tabel Status Gizi Menurut Indeks TB/U di Kabupaten Klaten
Tabel Sarana Kesehatan yang Izinnya dikeluarkan
Tabel Dokter Praktek yang Izinnya dikeluarkan Tahun 2014 di Kabupaten Klaten
Tabel Bidan, Bidan Desa, Dokter Gigi dan Asisten Apoteker Menurut Kecamatan di Kabupaten Klaten
Tabel Rumah Sakit Menurut Kecamatan dan Jenisnya di Kabupaten Klaten
Tabel Puskesmas dan Posyandu Menurut Kecamatan di Kabupaten Klaten
Tabel Jumlah Kematian Bayi, Jumlah Kelahiran Bayi dan Jumlah Ibu Melahirkan dan Kematian Ibu Melahirkan Menurut Kecamatan di Kabupaten Klaten Tahun 2014

Comments are closed