Jelang Nyepi Umat Hindu Adakan Melasti di Umbul Geneng

Ribuan umat hindu di Kabupaten Klaten mengikuti upacara Melasti yang diadakan di Umbul Geneng, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Minggu (11/03/2018). Melasti merupakan rangkaian dari Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940/2018 yang jatuh pada 17 Maret 2018.

Melasti dimulai dengan kirab jempana dari Pura Tirta Buwana Desa Pluneng menuju Umbul Geneng sejauh 2 Km. Dengan diiringi lantunan irama gamelan bleganjur, ribuan umat membawa jempana yang berisi sesaji dari masing-masing Pura di Klaten. Jempana dari seluruh pura yang ada di Klaten dikirab dan dibawa oleh pemuda setempat.

Tiba di Umbul Geneng, Jempana lantas ditempatkan bersama seluruh sesaji. Duduk lesehan, umat lantas melantunkan puji-pujian doa yang diiringi denting lonceng. Upacara dipimpin Romo Resi Bahudanda Sajiwa Dharma Telabah.

Tema Nyepi secara nasional “Melalui catur brata penyepian kita tingkatkan soliditas sebagai perekat keberagaman dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

Bupati Klaten, Sri Mulyani dalam sambutannya mengajak umat hindu ikut mendoakan Kabupaten Klaten agar bangkit dan semakin maju.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *