Warga Keturunan Tionghua Adakan Pementasan Ketoprak

Klaten, Dalam rangka Launching Perkumpulan Darma Bakti ( PDB ) Kabupaten Klaten mengadakan Pentas Kethoprak yang digelar di Aula SD Kristen 3 Desa Tonggalan Kabupaten Klaten (Sabtu 10/3/2018). Pemain dalam Ketoprak ini adalah Warga Negara Indonesia keturunan Tionghoa yang tergabung dalam Perkumpulan Darma Bakti.

Pagelaran ketoprak dibuka dengan pentas Barongsa dari SMP Kristen 1 Klaten. Dalam ketoprak ini mengangkat cerita tentang kisah Rebut Kuwasa. Antusiasme dari masyarakat sangat bagus dengan banyaknya pengunjung yang datang sekitar 600 orang menyaksikan pagelaran ketoprak ini dan menantikan penampilan istimewa dari Huang Hua legenda bulutangkis dari daratan Cina.

Bupati Klaten, Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan “Kita harus membangkitkan dan melestarikan budaya kesenian ketoprak yang sudah diakui dunia sebagai budaya adiluhung bangsa Indonesia dan mempertemukan segenap potensi warga Tionghoa di Kabupaten Klaten dalam rangka memperekat tali silaturahmi, semangat bersatu sekaligus berkarya.”

Tujuan kesenian ketoprak ini selain mengangkat dan melestarikan budaya daerah tetapi juga memberikan alternatif hiburan segar dan menddidik kepada masyarakat yang bernilai luhur informatif dan edukatif bagi masyarakat luas dengan bentuk hiburan tradisional, lanjut beliau.

Bupati Klaten juga mengapresiasi media perlekapan dan aksesoris yang digunakan dalam pementasan ketoprak yang modern dan unik.

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *