Menikmati Layanan Medis Paripurna di Program Santun Lansia

Klaten (4/01/17) –Puskesmas Klaten Utara  menjadi salah satu percontohan layanan puskesmas santun lansia di Kabupaten Klaten. Pelayanan medis one stop service diterapkan di Puskesmas Klaten Utara dimana pasien cukup di satu ruang maka petugas akan melayani secara paripurna layanan medis yang dibutuhkan pasien. Demikian diungkapkan drg. Sayekti di ruang kerja saat  (Selasa, 3/01/17).

PNS lulusan Fakultas Kesehatan Gigi UGM angkatan 1988 menambahkan program kesehatan santun lansia ini belum banyak diterapkan di Jawa Tengah. Layanan puskesmas santun lansia menjadi  amanah UU Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia. Tidak saja layanan one stop service, semua fasilitas di Puskesmas Klaten Utara  juga ramah lansia seperti alat bantu pegangan di ruang tamu, pegangan di kamar mandi dan pintu kamar yang antisipatif jika terjadi kondisi darurat di kamar mandi.  Setiap hari ada 5 sampai 10 pasien lansia dilayani di Puskesmas Klaten Utara, kata drg Sayekti dengan penyakit yang lazim diderita lansia seperti penyakit degeneratif, hipertensi atau diabetes melitus.

Sukisno (59) warga desa Karanganom menuturkan hampir setiap minggu sekali periksa ke Puskesmas Klaten Utara.  Penyakit diabetis melitus yang beberapa tahun terakhir diderita mengharuskan kontrol secara teratur.  Layanan medis santun lansia diakui cukup besar manfaatnya bagi Sukisno yang hanya berjalan kaki saat kontrol berobat.  (Jp75)

telah dibaca: 30 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *