Menyambut Mudik Lebaran, Pemkab Klaten Siapkan 60 Mobil Ambulance

Klaten – Sebanyak 60 armada ambulance untuk Pelayanan Kesehatan di Klaten dikumpulkan di halaman Pemkab Klaten, Jum’at (16/06). Kegiatan itu dilakukan sebagai langkah awal persiapan pelayanan kesehatan terhadap kegiatan arus mudik dan arus balik Perayaan Idhul Fitri 1438 hijriyah / 2017 Masehi, yang lewat di jalur kabupaten Klaten.

Hal itu dikemukakan Sekretaris daerah (Sekda) Klaten Haji Jaka Sawaldi saat ditemui di tengah acara pemantauan kendaraan ambulance yang akan digunakan mendukung tugas operasional pelayanan kesehatan Pemkab Klaten dalam kegiatan arus balik mudik lebaran tahun 2017. Dalam menyongsong lebaran baik menjelang maupun paska lebaran tahun 2017, pemkab Klaten menyiapkan segala sesuatu terkait pelayanan medis, termasuk sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia.

Sekda H. Jaka Sawaldi memeriksa kelengkapan obat salah satu armada ambulance

Lebih lanjut Sekda yang didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan dokter Cahyono Widodo mengatakan,  hal itu dilakukan terkait penugasan mereka yang akan ditempatkan di masing-masing yang akan dibuka sepekan sebelum dan sesudah lebaran. Disamping itu kesiapan yang sama juga diberlakukan untuk pelayanan medis di sejumlah Puskesmas yang berada dipinggir jalan raya dan dilalui para pemudik. “Semua yang dilakukan oleh Pemkab Klaten tersebut untuk langkah persiapan manakala ada pemudik yang membutuhkan pelayanan medis dalam perjalanannya di Klaten” jelasnya.

Menurut dokter Cahyono, Pos Kesehatan di Klaten ada sebanyak lima tempat pelayanan yang dijaga oleh tim  yang ditugaskan secara bergiliran semenjak H-7 menjelang dan H+7 usai perayaan lebaran. Yang penempatanannya akan dilakukan di wilayah Prambanan, masjid Agung Al Aqsho Jonggrangan,  terminal Induk Ir. Sukarno Buntalan, terminal Penggung dan terminal Delanggu “Satu tim yang akan melakukan pelayanan medis adalah seorang dokter, seorang perawat, seorang pengelola obat,  dan seorang pengemudi yang tugas  secara bergiliran” ujarnya.

Kendaraan Ambulance yang disiapkan untuk menunjang kelancaran tugas operasional tersebut keseluruhan sebanyak 60-an unit, yang berasal dari Puskesmas, Poliklinik dan rumah sakit negeri maupun swasta yang ada di Klaten. “Jumlah tersebut termasuk empat armada ambulance  baru yang diserahkan pada Puskesmas Trucuk 1, Juwiring, Wonosari dan Jatinom  yang dilengkapi dengan satu bed, satu dragbar, lemari obat beserta isinya, tabung oksigen, tempat cuci dan lampu sebanyak 3 unit saat untuk penanganan pasien’’  jelasnya.

telah dibaca: 6 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *