Meski Belum Jatuh Tempo, Kecamatan Kemalang Lunas PBB Tahun 2016

kecamatan kemalangKLATEN – Kesadaran masyarakat Kecamatan Kemalang untuk membayar pajak termasuk tinggi. Hal ini terbukti dari lunasnya pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga 100% sebelum jatuh tempo.

“Kesadaran masyarakat cukup tingggi dalam kewajiban membayar PBB. Meski jatuh tempo masih akhir September, namun sudah lunas 100% pada 12 Juni lalu,” kata Camat Kemalang, Pri Harsanto, Selasa (02/08).

Di Kecamatan Kemalang sendiri, imbuh Pri Harsanto, ada 13 desa yang tersebar hingga lereng Merapi. Adapun jumlah wajib pajak (WP) sebanyak 15.260 WP dengan Kewajiban Baku Rp381.485.744. Dalam penarikan pajak tersebut, Pri Harsanto mengaku melibatkan banyak pihak. Mulai dari perangkat desa hingga Ketua Rt dan Ketua Rw.

“Dengan melibatkan warga lokal, penarikan bisa dilakukan dengan cepat. Karena mereka lebih mengetahui dan faham kondisi di wilayahnya masing-masing,” tambah Pri Harsanto.

Keberhasilan menarik pajak PBB hingga 100% sebelum jatuh tempo ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kecamatan Kemalang. Mengingat, kondisi perekonomian masyarakat masih dibayangi tingginya angka kemiskinan dibanding dengan kecamatan lain.

“Kondisi geografis membuat warga kesulitan untuk mendapatkan penghasilan tetap. Bercocok tanam pun sulit dilakukan karena kesulitan air. Sebagian besar hanya sebagai peternak, buruh tani diwilayah lain dan tukang gali pasir,” papar Pri Harsanto.

Sementara itu, Kasi Penagihan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD) Klaten, Harjanto Heri Wibowo menyampaikan apresisasi bagi Kecamatan Kemalang yang sudah melunasi pajak PBB sebelum jatuh tempo. Berkaitan dengan hal tersebut, DPPKAD akan memberikan reward sebagai wujud penghargaan.

“Saya harap pelunasan sebelum jatuh tempo ini bisa menjadi contoh bagi yang lain. Dengan lancarnya pembayaran pajak, maka pembangunan akan semakin cepat tertata,” urai Heri.

telah dibaca: 22 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *