Olahan Susu Sapi Jadi Jajanan dan Sabun oleh Kelompok Wanita Tani Ternak di Klaten

download (2)
images

KLATEN – Di Klaten ada olahan susu sapi menjadi jajanan dan sabun yaitu tepatnya di Desa Glagah Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Olahan susu sapi tersebut dikelola oleh kelompok wanita di Klaten yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga dalam pengolahan susu sapi tergabung dalam kelompok wanita tani ternak. Kelompok wanita tani ternak diketuai oleh Sri Handini.

Susu sapi mengandung protein tinggi. Pengolahan susu sapi ada 2 macam yaitu fermentasi dan non fermentasi. Hasil pengolahan susu sapi merupakan ide kreatif dari manusia yang memberikan nilai ekonomis lebih kepada konsumen dan produsen itu sendiri

Pengolahan susu sapi tersebut merupakan hasil dari pengadaan pelatihan dan mendapat bantuan dari dinas berupa peralatan. Dengan adanya produk olahan susu sapi peminat masyarakat semakin banyak dan sering dikunjungi dari berbagai kalangan yaitu TK, PAUD, dan Instansi.

Hasil dari pengolahan susu sapi sebagian diolah oleh kelompok wanita tani ternak dan dijual melalui koperasi unit desa dan disalurkan ke pedagang susu segar. Dengan adanya hasil olahan susu sapi di Desa Glagah menjadi desa wisata yang sering dikunjungi dan dikelola oleh Bumdes.

telah dibaca: 27 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *