Pelukis Jalanan di Klaten Ciptakan Karya Lukisan Mural Untuk Warga Rohingya

Klaten – Berbagai cara terus dilakukan sebagai aksi kepedulian terhadap umat Muslim Rohingya yang saat ini sedang menjadi korban krisis kemanusiaan di Myanmar. Salah satunya yang dilakukan 30 pelukis jalanan di Klaten, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Klaten Biennile.

Dengan coretan tangan para pelukis jalanan, yang digelar di plataran gedung olah raga, Klaten, terciptalah sebuah karya lukisan mural dengan tema ketidaksiapan keberagaman yang berakibat buruk bagi warga Rohingya. Mereka melukis dengan keadaan yang sesungguhnya, seperti yang sedang dialami warga Rohingya saat ini.

Puluhan pelukis melakukan aksi bersama sebagai bentuk protes terhadap aksi kekerasan di Rohingya. Aksi mural ini cukup mendapat respon pekerja seni di Klaten serta masyarakat yang sengaja datang untuk memberi semangat.
Meitika Candra salah satu pelukis, mengatakan, apa yang dituangkan dia dan rekan rekan di Klaten sebuah bentuk kepedulian seniman akan tragedi yang terjadi di Rohingya. Dia dan teman-temannya berharap kekerasan yang menimpa warga disana dapat segera berakhir dengan damai.” Ini bentuk kepedulian dan keprihatinan yang kami tumpahkan dalam sebuah karya lukis yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Salah satunya ada sketsa warga Rohingya yang digambarkan dengan kepala terbalik layaknya teh celup, yang selalu diusir sang penguasa. Para pelukis ini sangat memahami betul bagaimana penderitaan warga Rohingya.Para pelukis jalanan di Klaten ini berharap tragedi Rohingya bisa segera berakhir.

telah dibaca: 16 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *