Pemkab Data Ojek Pangkalan

Klaten – Ojek online sudah mulai merambah di kota Klaten. Hal ini menjadi perhatian khusus dari Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten. Rencananya Dishub Klaten akan mendata pengemudi ojek pangkalan mulai pekan ini. Hal tersebut digunakan untuk menyusun kebijakan terkait hadirnya ojek online.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Klaten, Joko Suwanto, mengatakan sejumlah petugas bakal dikerahkan untuk mendata ojek pangkalan mulai dari Prambanan hingga Delanggu. Pendataan itu sebagai kajian untuk menentukan kebijakan soal keberadaan ojek online.“Mulai pekan ini akan kami turunkan petugas untuk mendata ojek pangkalan,” ujarnya, Selasa (8/8).

Surat Edaran dari Dirjen Perhubungan Darat pengaturan angkutan alternatif diserahkan kepada daerah dengan mengacu kepada kesepakatan baik ojek online maupun ojek pangkalan. Dishub mengundang perwakilan ojek online untuk menyampaikan paparan soal rencana operasional di wilayah Klaten pada Senin (7/8/2017) lalu. Namun, hingga Selasa sore, perwakilan ojek online itu tak kunjung datang.

“Undangan Dishub Klaten itu untuk mengetahui bagaimana rencana operasional ojek online di Klaten mulai dari sistem kerja, jumlah armada, dan lainnya. Hal itu dimaksudkan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gesekan,” tutur Joko.

Kepala Dishub Klaten, Purwanto Anggono Cipto mengakui pengawasan lebih ditekankan ke angkutan berbasis aplikasi online. Sedangkan kepada ojek pangkalan hal itu tidak dilakukan.
“Ya, yang disasar yang online. Kalau ojek pangkalan itu usaha jasa yang dijalankan masyarakat tanpa ada ikatan dengan pihak manapun,” paparnya.

telah dibaca: 26 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *