Pemkab Klaten Gelontorkan Air Bersih 25.000 Liter Tiap Hari

Klaten – Sekitar 25.000 air bersih disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten setiap hari. Penyaluran air bersih dilakukan sejak 27 Juli dan akan berlangsung hingga musim hujan tiba. “Mulai Juli sampai sekarang setiap hari kami dropping. Total sudah 161 tangki air bersih disalurkan, kapasitas tangki tiap armada 5.000 liter. Rencana besok Kamis ada dropping lagi ke Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang,” ujar Kepala BPBD Klaten Bambang Giyanto, Selasa (12/9).

Wilayah Kecamatan Kemalang memang paling banyak mendapat dropping air bersih karena paling sulit mendapat air bersih saat musim kemarau. Beberapa desa di Kemalang yang mendapat bantuan air bersih diantaranya Panggang, Tegalmulyo, Talun, Sidorejo, Tangkil, dan Tlogowatu. Kemudian wilayah Kecamatan Jatinom seperti desa Bandungan, Bengking, dan Socokangsi. Serta Desa Sengon di Kecamatan Prambanan.

Bambang mengatakan, dropping air menggunakan anggaran dari Pemkab sebesar Rp 100 juta. Sejauh ini anggaran tersebut masih mencukupi untuk biaya pengambilan air bersih dan biaya bahan bakar armada untuk kegiatan dropping. “Dana Siap Pakai (DSP) belum dipakai, karena dana saat ini masih cukup. Selain itu provinsi juga mempersilakan mengajukan dana ke BPBD provinsi jika anggaran yang dialokasikan pemkab tidak mencukupi,” jelas Bambang.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten Lilis Yuliyati menambahkan, tidak semua daerah rawan kekeringan mendapat bantuan air bersih. Bantuan hanya diberikan kepada desa yang mengajukan bantuan air bersih. “Yang kami tangani yang langsung diajukan oleh masyarakat. Dari pengajuan itu lalu kami validasi, cek lokasi dulu. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan, prioritas apa dan jumlahnya berapa, titik-titik lokasi,” kata Lilis.

telah dibaca: 20 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *