Pemkab Klaten Akan Kembali Menggelar Klaten Lurik Carnival

Klaten Lurik CarnivalKLATEN – Dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Klaten ke-212 dan HUT RI ke-71, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Klaten akan kembali menggelar Klaten Lurik Canival (KLC). KLC yang digelar kedua kalinya ini dijadwalkan akan digelar pada 18 Agustus 2016 bertempat disepanjang jalan Pemuda.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono mengatakan, KLC ini akan diikuti oleh 37 kontingen yang terdiri dari 26 kontingen kecamatan dan 11 kontingen instansi.

“Masing-masing kontingen yang terdiri dari 6 – 10 peserta dan pengombyong 20-30 orang dipimpin oleh srikandi. Tiap peserta mengenakan kostum karnaval dengan material utama kain lurik,” ujarnya, Rabu (03/08).

Joko Wiyono menjelaskan nantinya setiap kostum peserta harus 75 persen harus berbahan baku lurik Klaten. Saat ini terdapat tiga macam lurik yakni lurik original, lurik batik, dan lurik lukis. Lurik batik sendiri adalah kain lurik yang dikombinasikan dengan batik cap, sedangkan lurik lukis merupakan kain lurik dengan kreasi lukisan berbagai motif.

“Ini merupakan aturan baku yang diterapkan. Karena tujuannya memang untuk mempromosikan lurik sebagai produk unggulan Klaten. Kostum yang dibuat memang kostum khusus karnaval, bukan pakaian lurik biasa dan harus didominasi kain lurik dalam pembuatannya,” tuturnya.

Lebih lanjut Joko Wiyono memaparkanbahwa dalam karnaval ini juga digelar penilaian bagi masing-masing kontingen. Adapun penilaian yang dilakukan meliputi bentuk kostum, tema, kreatifitas peserta, komposisi busana, dan koreografi.

“Peserta dinilai dewan juri dan akan diambil tiga besar untuk diikutkan lomba Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah pada 28 Agustus mendatang. Masing – masing kontingen memiliki kesempatan untuk tampil di hadapan jajaran Pemkab Klaten dan tamu undangan yang ada di panggung di depan rumah dinas Bupati,” ungkapnya.

telah dibaca: 82 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *