Klaten Gudang Dalang

Pemkab Klaten Gelar Dalang Cilik 2017
Peserta Dalang cilik 2017
Pemkab Klaten Gelar Dalang Cilik 2017(1)

Klaten – 7 Dalang Cilik asal Kabupaten Klaten menunjukkan kebolehannya mementaskan wayang kulit di halaman Gedung Sunan Pandanaran, Senin (7/8/2017). Festival yang masih satu rangkaian dengan hari jadi ke-213 Kabupaten Klaten dan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI, di gelar untuk melestarikan seni dan budaya pedalangan. Festival dalang muda dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten HJ Sri Mulyani yang diwakili Asisten III Sekda Klaten H Sri Winoto SH.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono, mengatakan, festival dalang merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemkab Klaten. Ada dua festival dalang yakni festival dalang anak dengan peserta pelajar usia SD dan SMP, serta festival dalang muda dengan peserta usia 15-25 tahun. Soal lakon bebas. Yang dinilai pakemnya, suara atau cangkok, sabetanya dan kreasinya.

Adapun dalang cilik yang beradu kreativitas adalah Pulung Wicaksana Nugraha warga Senden, Ngawonggo, Ceper Klaten menampilkan lakon Ampak-ampak Pringgondani, Galuh Saputra warga Kepoh Mlese Gantiwarno Klaten menampilkan cerita Ampak-ampak Pringgondani. Peserta selanjutnya, Baptista Dela Sukana menampilkan lakon Ampak-ampak Pringgondani, Yohanes Axel Agung Wicaksono warga Plosoarum, Sekarsuli, Klaten Utara dan peserta ketujuh Angger Argo Sadewo warga Satron ,Karangdukuh Jogonalan, Klaten menampilkan cerita Ampak-ampak Wiratha.

Alasan digelarnya festival ini, kata Joko, ingin menunjukan bahwa Klaten adalah gudangnya dalang dan pada 2016 tercacat ada 280 dalang. “Ini untuk mencari bibit baru melalui festival dalang muda. Selain itu juga sebagai upaya regenerasi. Bagi yang berprestasi atau yang menang disediakan piagam dan uang pembinaan,” kata Joko.

Festival itu sendiri mendukung upaya pelestarian seni pedalangan di Klaten sebagai kota para dalang. Sebut saja, dalang kondang Ki Narto Sabdo, Anom Suroto, dan Warseno Slank. Ketiganya mengharumkan nama Klaten melalui seni pedalangan ke seluruh nusantara hingga luar negeri.

telah dibaca: 13 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *