Pemkab Klaten Gelar Upacara HUT Damkar ke 98

IMG_7491
IMG_7481
IMG_7476

Rabu (01/03) Pemerintah kabupaten Klaten menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke 98 tahun 2017. Kegiatan diselenggarakan di halaman kantor Sekretariat daerah (Setda) diikuti hampir seribu peserta dari unsur TNI, POLRI, ASN, Linmas, OSIS, Pramuka, SAR, anggota Damkar dan relawan tanggap bencana tersebut, dipimpin Sekretaris Daerah Haji Jaka Sawaldi yang bertindak sebagai pembina upacara, dihadiri Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda haji Jaka Sawaldi mengatakan, tanggal 1 Maret 1919 merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang sat itu dikenal dengan BANDWEER Yang telah memberikan pelayanan pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lain. Petugas juga melakukan penyelamatan jiwa dan harta benda diwaktu kebakaran maupun bencana lain dan siap melayani panggilan memberikan pertolongan keselamatan jiwa manusia.

Petugas Damkar, kata Mendagri lebih lanjut, memberikan layanan kepada masyarakat merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan Panca Dharma, berupa pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat dan penanganan kebakaran Bahan berbahaya dan Beracun.  Petugas Damkar Wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya.

telah dibaca: 57 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *