Pemkab Klaten Raih Penghargaan Nasional Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya 2017

Penghargaan Nasional KLA3
Penghargaan Nasional KLA2
Penghargaan Nasional KLA1

Pemkab Klaten kembali meraih Penghargaan Nasional Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya tahun 2017.  Penyerahan penghargaan dilakukan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI, Yohanna Yambise kepada Plt Bupati Klaten Sri Mulyani di malam Puncak Peringatan Hari Anak Nasional yang digelar di Pekanbaru, Riau (Sabtu, 22/07/17).

Plt Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang telah menetapkan Kabupaten Klaten masuk kategori layak anak tingkat Madya, bahkan sampai tiga kali berturut-turut sejak  2015.  Plt Bupati Klaten juga berpesan agar kinerja tim KLA Klaten terus dioptimalkan agar peringkatnya bisa meningkat dari tahun ke tahun.

Informasi dari Hari Suroso selaku Kepala Seksi Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak Dinas Sosial , Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Klaten mengatakan ada enam kluster penilaian dari tim verifikator pusat dalam penilaian KLA Klaten yang dilakukan selama dua bulan yang lalu. Kluster itu meliputi penguatan kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesejahteraan dan kesehatan, pendidikan dan pemanfaatan waktu luang, kegiatan kreatif serta budaya, dan terakhir kluster perlindungan khusus. Tim terdiri dari para ahli, akademisi dan dari kementerian menilai dari 24 indikator penilaian.

Di tahun 2017 Pemkab Klaten mendapatkan dua penghargaan sekaligus dalam hal perlindungan hak. Selain penghargaan nasional KLA tingkat Madya, Pemkab Klaten juga meraih penghargaan nasional kategori Percepatan Cakupan Akte Kelahiran tingkat Pratama.  Malam penghargaan yang digelarkan di Pekanbaru Riau sebagai rangkaian Hari Anak Nasional 2017 yang dihadiri Presiden Joko Widodo. Ketua KLA Klaten adalah Sri Widodo, sekaligus anggota DPRD Klaten. Di tingkat Jawa Tengah hanya ada 5 kabupaten / kota yang meraih tingkat madya yakni Kota Magelang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Magelang, Kabupaten Rembang dan Klaten.

telah dibaca: 75 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *