Pendataan Digital Buku Koleksi Pemkab

Klaten – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Klaten melakukan digitalisasi koleksi buku sejak bulan lalu. Digitalisasi untuk menertibkan database dan mencegah hilangnya buku-buku koleksi Arpus. Plt Kepala Dinas Arpus Klaten Sri Winoto menyebutkan, koleksi Arpus mencapai 47.284 buku terdiri dari 44.024 judul buku. Ia menjelaskan pendataan dilakukan bertahap karena minimnya anggaran.
“ Untuk tahap awal kami sangat terbantu dengan rekan-rekan magang dari Broadbrand Learning Center (BLC) Telkom. Nanti semua didata secara digital,” jelasnya, Minggu (8/10).

Pendataan digital dimulai dengan menginput jenis buku, judul buku, penerbit, dan nomor klasifikasi. Winoto memaparkan, pendataan yang dilakukan masih sangat dasar dan belum mencakup isi buku. Pendataan akan memudahkan pengunjung melakukan pencarian melalui katalog online.
“ Perkembangan era digital harus diikuti karena membantu masyarakat. Maka sudah seharusnya pembenahan khususnya pada pelayanan kepada masyarakat dilakukan,” ujarnya.

Selain pendataan digital, Winoto mengupayakan pencarian koleksi buku bisa dengan online katalog maupun aplikasi khusus. Saat ini pencarian koleksi buku perpustakaan masih dilakukan manual oleh petugas. Pengunjung yang ingin mencari buku bisa menanyakan ke petugas untuk dicarikan.

telah dibaca: 9 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *