Pengelola Keuangan Desa Ikuti Bimtek Siskeudes

siskeudes siskeudes2 siskeudes3

Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Yogyakarta  mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola keuangan desa tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Hotel Grand Tjokro Klaten, Senin (7/11/2016). Bintek Siskeudes akan dibagi menjadi 6 angkatan mulai 7 November hingga 23 Desember 2016 yang diikuti 391 desa dan 26 kecamatan.

Acara pembukaan Bimtek Siskeudes dihadiri Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM dan Kepala BPKP Perwakilan Yogyakarta Tytut  Ratih Kusumo. Pembukaan ditandai dengan penyerahan SML yang merupakan sebuah aplikasi Siskeudes dan BPKP Perwakilan Yogyakarta memberikan  aplikasi tersebut secara gratis kepada desa termasuk jika ada pemutakhiran sistem.

Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengatakan, Pemkab Klaten menyambut baik Bintek Siskeudes bagi pengelola keuangan desa, karena seiring tingginya harapan masyarakat terhadap pelayanan prima oleh pemerintah maka peningkatan kualitas dan profesionalisme aparatur Daerah dan aparatur Desa menjadi pilihan mendesak.  Bidang-bidang tugas yang dilaksanakan aparatur Desa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat menjadi prioritas kebijakan pemerintah guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu menjawab tantangan dan harapan masyarakat saat ini.

Menurut Bupati Klaten yang dikutip Sekda H Jaka Sawaldi, birokrasi akan kuat jika struktur dan elemen pelaksana birokrasi itu dibangun di atas keahlian atau kompetensinya. Jangan sampai terjadi seorang aparatur Desa tidak mengerti dan tidak memahami tugas pokok dan fungsinya. Jangan sampai kerja itu hanya dilakukan sambil lalu apalagi sekedarnya dan mengharapkan pujian serta pamrih.

Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE melalui Sekda H Jaka Sawaldi   berharap para aparatur desa bekerja dengan sepenuh amanah, berlaku adil dan jujur dalam melayani masyarakat tanpa harus membedakan kelompok dan golongan. Ilmu pengetahuan terus berkembang seiring kemajuan teknologi yang terus berubah, sehingga Bimtek Siskeudes   selayaknya diikuti dengan baik dan sungguh – sungguh oleh seluruh peserta Bimtek.

Menurut Bupati Klaten, Hj Sri Hartini SE, bimbingan teknis ini untuk meningkatkan kemampuan bagi para pengelola administrasi keuangan desa sebagai pelaksana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa).   Harapannya agar terwujud  pengelolaan dan pengadministrasian keuangan yang cermat dan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga akan mempercepat terealisasinya transparansi penggunaan keuangan yang efektif dan efisien.

Dikatakan, dengan adanya transparansi dalam pengelolaan keuangan desa maka terjadinya penyimpangan  dapat diantisipasi lebih dini dan yang tidak kalah penting akan mempermudah dalam pertanggungjawaban dan pelaporan. Dengan kondisi tersebut tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada aparat desa dan pada gilirannya akan mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di seluruh desa yang ada di Klaten. (Paidi)

telah dibaca: 32 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *