Ratusan Pelajar Ikuti Kegiatan Melukis Pahlawan Nasional

Klaten- Ratusan pelajar tingkat sekolah dasar (SD), SMP dan SMK /SMA di Klaten mengikuti kegiatan melukis Pahlawan Nasional di Monumen Juang 45 Klaten. Kegiatan melukis ini dibagi dua tempat yakni, 270 di SMPN 1 Klaten dan 60 pelukis di Monumen Juang 45. Melukis Pahlawan yang disuport dari komunitas lukis Biennale Klaten tersebut mendapat respons positif dari para pelajar di Klaten.

Direktur Eksekutif Klaten Biennale, mengemukakan, yang dinilai adalah semangatnya, jujur, solidaritas dan bertanggungjawab. Bisa saja yang lukisannya jelek tapi malah menang. Tema kita adalah keberagaman, jadi kalau peserta tiba- tiba kuasnya patah temannya membantu itu dapat nilai plus. Solidaritasnya itu yang kami nilai.

Para peserta sebelum menggambar atau melukis diberikan penjelasan terkait nama pahlawan yang akan dilukisnya. Dari situ mereka tidak hanya bisa melukis tapi juga tahu perannya, sehingga wawasannya akan bertambah. “Sebelum melukis mereka juga harus tahu terlebih dahulu peran atau jasa pahlawan yang dilukis tersebut. Contohnya,kalau melukis Ir Soekarno itu siapa dan pernah jadi apa itu harus diketahui para pelukis,” kata salah satu peserta lukis pahlawan.

Kegiatan melukis tersebut melibatkan 7 (tujuh) tim juri, yakni dari Klaten, Yogyakarta dan Solo. Terkait hadiah, kata dia, ada uang pembinaan, tropi dan sertifikat. “Yang utama adalah kita membentuk metode baru sebuah pengajaran karakter nilai nilai suatu bangsa,” kata Hari selaku pendamping ruang publik Klaten Biennale.

telah dibaca: 11 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *