Rekrutmen Badan Penyelenggara Pemilu Telah KPU Buka

Klaten – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten akan membuka pendaftaran Badan Penyelenggara Pemilu pada 12 Oktober hingga 11 November 2017 mendatang. Rapat koordinasi dengan camat dan sosialisasi Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018 akan digelar hari ini di kompleks Setda Klaten.
Komisioner KPU Klaten Divisi Sosialisasi M Anshori mengatakan, koordinasi dengan camat berkaitan dengan rekrutmen Badan Penyelenggara. Pasalnya, ada beberapa regulasi baru yang perlu disampaikan berkaitan dengan Badan Penyelenggara.
“Nanti siang kami koordinasikan dengan camat se-Klaten. Rekruitmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan dimulai pekan ini,” kata Anshori, Selasa (10/10).

Adapun syarat baru yang dimaksud diantaranya syarat minimal usia 17 tahun untuk pendaftar PPK, PPS dan KPPS. Hal ini berbeda dengan syarat batas minimal usia saat Pilkada lalu. Anshori menyebut, pada Pilkada 2015 minimal usia pendaftar anggota Badan Penyelenggara 25 tahun.
“Aturan yang lebih longgar ini tentunya membuka kesempatan dan peluang kepada masyarakat lebih luas untuk mendaftarkan diri berpartisipasi dalam pemilu sebagai badan penyelenggara,” imbuh Anshori

telah dibaca: 15 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *