Ribuan Jamaah Calon Haji dari Klaten Siap Berangkat ke Tanah Suci

Klaten- Dalam acara pamitan calon jamaah haji dilaksanakan di Gedung Sunan Pandanaran, Selasa (1/8/2017). Sebanyak 1.083 jamaah calon haji asal klaten siap diberangkatkan ke Tanah Suci.
Ribuan jamaah calon haji akan dibagi menjadi empat kloter. yakni kloter SOC 33 sebanyak 353 jamaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 7 Agustus mendatang, kloter SOC 81 sebanyak 277 jamaah, kloter SOC 82 sebanyak 352 jamaah dan kloter SOC 83 sebanyak 101 jamaah akan diberangkatkan pada 22 Agustus.
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kemenag Klaten, Waznan Fauzi mengatakan dari 60% jamaah yang masuk kategori resiko tinggi itu merupakan jamaah yang berusia diatas 60 tahun. Hal itu sendiri menjadi catatan penting untuk petugas medis yang turut serta mendampingi jamaah calon haji, terlebih lagi mengingat cuaca ekstrem yang diprediksi akan mengalami cuaca panas hingga 50 derajat celsius.
Sementara itu, pihaknya juga meminta kepada seluruh calon haji untuk menjaga kondisi ketika di tanah suci. Atas kondisi itu pihaknya juga meminta kepada calon haji untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan.
“Kemarin dari jumlah awal ada yang batal berangkat sebanyak 7 jamaah. Dua meninggal dan lima sakit, untuk yang sakit kemungkinan berangkat pada tahun 2018 mendatang,” ujarnya dalam acara Silaturohim dan Pamitan Jamaah Calon Haji di Gedung RSPD Klaten, Selasa (1/8/2017).
Sementara itu, Kepala Kemenag Klaten, Masmin Afif menambahkan bahwa dalam pemberangkatan haji kali ini pihaknya sudah menyiapkan sejumlah petugas yang nantinya akan mendampingi masing-masing jamaah sesuai kloter yang ada. Sedangkan untuk kesehatan jamaah nantinya juga akan kembali di periksa sesampainya di asrama haji Donohudan.

telah dibaca: 26 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *