Sampai November 2016 Setor PADS Sebesar Rp. 4,2 Milyar lebih

Kepala Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (KPMPT) Klaten, Tri Koniantini mengemukakan, sampai dengan akhir November 2016 pihaknya telah menyetor dana Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Pemerintah Kabupaten Klaten sebesar Rp. 4,2 milyar lebih . Setoran tersebut berasal dari perolehan Retribusi Ijin mendirikan bangunan (IMB) sebesar Rp. 2,6 milyar lebih dan ijin gangguan sebesar Rp. 1,6 milyar lebih.

Hal itu dikemukakan kepala KPMPT, Koni menjawab pertanyaan wartawan di ruang kerjanya Selasa ( 03/01 ). Lebih lanjut dijelaskan, sejumlah retribusi tersebut berasal dari penerbitan ijin sebanyak 743 ijin ditambah  12 perijinan tertentu yang dikeluarkan hingga akhir November 2016. “  KPMPT menangani  sebanyak 24 perijinan antara lain IMB, Ijin Gangguan, SIUP dan lain-lain ditambah 10 perijinan tertentu termasuk pendirian pabrik, tower seluler, pemanfaatan lahan, SPBU dan lainnya “ tambahnya.

Lebih lanjut Koni menjelaskan, dasar hukum pemungutan retribusi tersebut dilakukan mengacu Peraturan Daerah (Perda) kabupaten Klaten Nomor 15 tahun 2011 tentang dan Perda Nomor 20 tahun 2011 tentang Retribusi Perijinan Tertentu. Adapun besarnya tarif yang dikenakan dasar perhitungan yang diatur dalam Perda dan Peraturan bupati terkait Perda Retribusi tersebut.

Hubungan dengan pelayanan yang dilaksanakan, Koni menjelaskan, pegawai keseluruhan sebanyak 22 personil yang terdiri dari seorang kepala, seorang kepala Tata Usaha dan tiga orang kepala seksi menjalankan tugas sehari-hari sebagaimana ketentuan yang berlaku. Hari ini (Selasa 03/01 sampai dengan pukul 11.00) telah melayani seorang pengambil IMB dari Desa Kemudo kecamatan Prambanan,  seorang yang mengajukan ijin gangguan dan dua orang pengambil formulir ijin gangguan yang berasal dari Kelurahan Tonggalan Klaten Tengah dan seorang lainnya dari Jetis Delanggu.

telah dibaca: 27 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *