Sebanyak 140 Anggota Paskibraka Klaten Tahun 2017 Dikukuhkan

Pengukuhan paskib HUT RI 72 (10)
Pengukuhan paskib HUT RI 72 (13)
Pengukuhan paskib HUT RI 72 (19)

Klaten – Sebanyak 140 anggota Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) kabupaten Klaten tahun 2017 dikukuhkan. Pengukuhan terhadap dua orang perwakilan atas nama Muhammad Ridwan (SMA Negeri 1 Karanganom) dan Heln Faudea (SMK Negeri 1 Klaten)  oleh Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Zuhandy di halaman kantor Setda setempat, Selasa (15/08) ditandai dengan penyematan Pin Merah putih dan penyelempangan Kendit.

Pengukuhan disaksikan oleh Muspida, Ketua DPRD Agus Riyanto, para kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan undangan lain serta 140 orang tua anggota Paskibraka, dilanjutkan dengan penciuman dua bendera Merah Putih Oleh semua anggota Paskibraka .

Pelatih kepala Pasukan Paskibraka Klaten Tahun 2017ditemui ditengah acara pengukuhan berlangsung, Pelda Sumarno mengemukakan, calon anggota Paskibraka tahun 2017 sebanyak 140 personil berasal dari 28 SMA/SMK/MA Negeri Swasta se Klaten tersebut  dilatih selama 21 hari sejak 24 Juli hingga 15 Agustus 2015. Materi pelatihan antara lain Pelaksanaan Baris Berbaris (PBB) Kedisiplinan, pembinaan Karakter, untuk menempa jiwa korsa para generasi muda utamanya anggota Paskibraka ini.

Lebih lanjut Sumarno mengatakan, pelatihan selama dua satu hari dilakukan pada pagi dan sore hari, setiap hari. Untuk pagi hari pelatihan dilaksanakan mulai pukul 07.30 hingga pukul 11.30, siang hari dilakukan pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Pelatihan ini dimaksudkan untuk menempa semangat pemuda untuk cinta tanah air, menanamkan kebersamaan atau jiwa korsa mereka. ‘’Anggota Paskibraka sebanyak 140 personil dimaksud nantinya akan ditugaskan sebagai petugas pengibar bendera sebanyak 70 personil pada upacara Pengibaran Bendera menjelang Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan petugas upacara pada  penururnan bendera Merah Putih 70 personil pada sore harinya ‘’ ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kajari Klaten, Zuhandy mengatakan,  sebagai anggota Paskibraka yang terpilih tentua bangga, karena mendapat kehormatan dan kepercayaan yang tinggi untuk mengemban tugas yang mulia selaku pengibarr Bendera merah Putih pada Upacara Detik-Detiki Proklamasi yang akan dilaksanakan. Karena tida semua orang memiliki kesempatan untuk tugas dimaksud, maka laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Untuk menjadi anggota Paskibraka, kata Plt bupati lebih lanjut, harus melalui proses seleksi yang ketat baik fisik mental maupun wawasan kebangsaan. Dari berbagai latihan dan disipilin maupun ketrampilan kesempatan yang diperoleh selaama menjadi anggota merupakan hal yang amat penting dalam membentuk karakter, identitas dan integritas pribadi.’’ Menjadio anggota diberi tanggung-jawab yang cukup berat dan menjadi pembelajaran penting dalam menyongsong masa depan dalam menjadi putra terbaiki bangsa ‘’ tandasnya.

Maka anggota Paskibraka, kata bupati lebih lanjut, agar mempersiapkan diri dan melaksnakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Jaga persatuan, semangat kebersamaan, kekompakan antara sesama anggota. ‘’ Karena semua hal tersebut menjadi kekuatan yang tangguh yang harus tersu digelorakan demi sukesnya tugas yang diemban sebagai anggota Paskibraka ‘’ pintanya.

telah dibaca: 57 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *