Seminar Pengelolaan Pengaduan: Pelayanan Publik Menjadi Prioritas

ganjar-beri-pengarahan-laporan-pengaduanOmbudsman Republik Indonesia Mengadakan Seminar Efektivitas Pengelolaan Pengaduan dan Integrasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Selasa (1/11) bertempat di Ruan Gradhika Bhakti Praja. Acara dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng, SKPD Provinsi dan Perwakilan Kabupaten di Jawa Tengah.

Acara Bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang dibentuk oleh penyelenggara pelayanan publik.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengusulkan agar Ombudsman RI diberi kewenangan untuk melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pungutan liar (pungli) di tempat pelayanan publik. Hal ini agar ada efek kejut atau efek jera bagi para pelaku pungli.

Menurut Ganjar, Ombudsman sebagai pengawas dari layanan publik akan seperti macan ompong jika tidak diberikan kewenangan untuk melakukan tindakan. Agar keberadaannya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat, mereka harus lebih agresif memberantas pungli yang sudah diperintahkan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Jika usulannya tersebut ditindak lanjuti oleh DPR RI atau pun Pemerintah pusat, Ombudsman bisa menjadi polisi pelayanan publik yang akan terus melakukan pengawalan dan pemantauan terhadap pelayanan publik yan bebas dari pungli. Pelayanan publik memang menjadi prioritas Ganjar selama ini. Dia pun selalu mendorong bupati/ walikota se-Jawa Tengah untuk memanfaatkan sistem informasi, khususnya media sosial, agar pelayanan publik dapat berjalan prima.

(Biro Humas Prov Jateng)

telah dibaca: 11 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *