Syarat Jadi Peyelenggara Pilgub Minimal Berusia 17 tahun

Klaten — Meski penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) masih tahun depan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten dalam waktu dekat akan membentuk badan penyelenggara. Hal itu sebagai bagian dari tahapan Pilgub Jateng 2018.
“Besok di Komplek Pemkab Klaten kita akan mengundang para camat untuk rekrutmen badan penyelenggara, dan juga sosialisasi tahapan Pilgub Jateng 2018,” ujar Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi KPUD Klaten, Muhammad Anshori, Senin (9/10).

Dikatakan, rekrutmen badan penyelenggara, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan berlangsung 12 Oktober 2017 sampai 11 November 2017.
Mengacu regulasi terbaru, sambung Anshori, syarat untuk menjadi anggota PPK, PPS dan KPPS minimal berusia 17 tahun. Selain itu, jika jumlah KPPS tidak terpenuhi wilayah TPS bersangkutan, anggota KPPS dapat diambil dari desa terdekat.
“Syarat minimal usia 17 tahun, sedangkan sebelumnya saat Pilbup masih 25 tahun. Artinya ini membuka kesempatan dan peluang kepada masyarakat lebih luas untuk mendaftarkan diri,” sambungnya.

Selesai pembentukan badan penyelenggara, KPU akan memulai tahapan pemutakhiran data pemilih pada 11 Desember 2017 hingga Februari 2018. Pada Pilbup Klaten 2015 lalu, jumlah data pemilih tetap (DPT) mencapai 1.037.875 pemilih.

telah dibaca: 14 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *