TRANSPORTASI

Stasiun di KlatenTerminalJalur Bus

1. Stasiun Klaten

Stasiun Klaten merupakan stasiun kereta api yang terletak di Tonggalan, Klaten Tengah, Klaten. Stasiun yang terletak pada ketinggian +151 m ini terletak di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun ini terletak dekat jalan by-pass yang melingkari Klaten dan memiliki 6 jalur kereta api.

2. Stasiun Delanggu

Stasiun Delanggu (DL) merupakan stasiun kereta api yang terletak di ujung timur Kabupaten Klaten, tepatnya di desa Gatak, Delanggu, Klaten. Stasiun yang terletak pada ketinggian +133 m ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Pada masa penjajahan Belanda, Stasiun Delanggu dipergunakan untuk mengangkut karung goni untuk menyuplai pabrik-pabrik gula di sekitar Karesidenan Surakarta, dan dipergunakan juga sebagai sarana angkutan antara Surakarta dan Yogyakarta. Stasiun Delanggu memiliki 4 jalur kereta api untuk berjalan langsung.

3. Stasiun Prambanan

Stasiun Prambanan adalah stasiun kereta api yang terletak di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Stasiun yang terletak pada ketinggian +146 m ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta, dan merupakan stasiun kereta api paling barat di Kabupaten Klaten. Daerah tempat stasiun ini berada dahulu bernama Brambanan. Kemudian namanya diubah menjadi Prambanan. Meski begitu, nama stasiun ini tidak mengalami perubahan. Stasiun Brambanan ini digunakan untuk bongkar muat semen. Jika sore tempat ini cukup ramai didatangi warga yang ingin menyaksikan kereta api. Karena stasiun ini hanya untuk bersilang, maka jarang ada aktivitas penumpang.

4. Stasiun Ceper

Stasiun Ceper adalah stasiun kereta api yang terletak di Jl. Stasiun Ceper, Klepu, Ceper, Klaten. Stasiun yang terletak pada ketinggian +133 m ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Dari Stasiun Ceper dahulu terdapat percabangan ke Pabrik Gula Ceperbaru. Stasiun Ceper memiliki 4 jalur kereta api. Mulai Maret 2015, stasiun ini menjadi titik akhir perjalanan kereta api Pupuk Sriwidjaja Palembang. Tujuan lainnya adalah ke stasiun Gombong dan Maguwo dan diangkut dari stasiun Cilacap Pelabuhan di dekatPelabuhan Tanjung Intan.

5. Stasiun Srowot

Stasiun Srowot (SWT) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Gondangan, Jogonalan, Klaten. Stasiun yang terletak pada ketinggian +152 m ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun Srowot memiliki 3 jalur kereta api.

1. Terminal Bus Buntalan Klaten

2. Terminal Bus Delanggu Klaten

3. Terminal Bus Penggung Klaten

4. Terminal Bus Cawas Klaten

5. Terminal Bus Teloyo Klaten

6. Terminal Bus Tulung Klaten

7. Terminal Bus Bendogantungan Klaten

Content 2

Comments are closed