Warga Klaten Pernah Jadi Walikota Yogyakarta, Siapakah Dia?

Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta berkunjung ke Klaten guna menelusuri arsip sejarah Walikota Yogyakarta ke empat almarhum Soegiarto yang menjabat di era 1980-an. Konon keluarga mantan walikota tersebut masih tinggal di Klaten di Jalan Pemuda. Demikian disampaikan Sugeng Purnomo, salah satu Arsiparis Kota Yogyakarta saat berkunjung ke Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten (Selasa 11/07/17).

Kunjungan dari Kota Yogyakarta terdiri dari empat tenaga fungsional Arsiparis dan Kepala Bidang Penyelamatan arsip, Nur Sigit Edi Putranto sekaligus sebagai pimpinan rombongan. Rombongan diterima Kusdiyono selaku Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten didampingi pejabat dan petugas arsip setempat.

Nur Sigit Edi Putranto mengatakan almarhum Soegiyarto menjabat tahun 1981 sampai 1986. Penelusuran arsip dilakukan dengan menemui keluarga beliau yang masih tinggal di Klaten.

Kunjungan ini selain bersilaturahim dengan keluarga almarhum juga untuk mengetahui tata cara penelusuran arsip sejarah yang telah dilakukan petugas arsip Kabupaten Klaten.

Damijan, plt Kepala Bidang Kearsipan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten mengatakan, Kabupaten Klaten sudah pernah melakukan penelusuran arsip tokoh Pandanaran dan Ki Ageng Gribig pada Tahun 2007 dan 2008, dengan merangkul warga sekitar situs peninggalan kedua tokoh tersebut untuk bekerja sama, saat ini khasanah arsip Bupati Klaten yang dimiliki Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten terdiri dari Foto-foto Bupati dari Tahun 1949 – sampai sekarang.

Terkait dengan kunjungan Arsiparis Kota Yogyakarta Kusdiyono mengatakan petugas kearsipan Kabupaten Klaten siap membantu dan mendampingi penelusuran arsip apabila dibutuhkan.

telah dibaca: 17 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *