Warga Klaten Rayakan Malam Pergantian Tahun dengan Parade Gamelan

26112192_1609815595746256_220333543725301516_n
Parade-Gamelan-Gendhing-Jawa-311215-Ajn-4

KLATEN — Malam pergantian tahun di Klaten dirayakan dengan beragam cara. Seperti di Dukuh Tegalcoronan, Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Minggu (31/12/2017).

Sebanyak 21 grup tampil pada Parade Gamelan. Kegiatan itu digelar di rumah salah satu warga dengan memanfaatkan perangkat gamelan milik bernama Sukisno tersebut.

Ketua panitia acara, Sanja, menjelaskan 21 penampil berasal dari berbagai kelompok karawitan yang digawangi kalangan muda. Mereka berasal dari DIY dan Jawa Tengah.

Selain penampilan kelompok gamelan, rangkaian acara juga digelar eksibishi berisi pameran gamelan. “Tepat pada malam pergantian tahun dibunyikan alat musik tradisional semacam peluit tetapi yang berbunyi kukuruyuk sebagai pengganti trompet. Sebagai pengganti suara kembang api ada jamming, memainkan seluruh gamelan secara bersama-sama,” kata Sanja saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Sukisno yang juga penanggung jawab kegiatan tersebut menuturkan parade gamelan sudah digelar untuk kali ketujuh. Kegiatan itu diadakan setiap malam pergantian tahun.

Tema yang diusung pada parade kali ini yakni Harmoni Sapta Alam. “Kegiatan ini awalnya untuk menguji dengan kegiatan ini apakah memilih hura-hura atau berkesenian. Ternyata banyak juga yang memilih berkesenian. Antusiasmenya setiap tahun bertambah,” kata Sukisno.

Sumber

telah dibaca: 13 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *