Warga Klaten Sambut HUT RI dengan Bikin Bendera Sepanjang 500 Meter

Klaten – Dalam rangka memperingati HUT RI, warga Klaten menghiasi kampung dengan berbagai macam pernak-pernik tujuh belasan. Tidak terlewatkan juga bagi warga di Dukuh Ngalang-alang, Desa Sorogaten, Kecamatan Tulung. Bendera merah putih sepanjang 500 meter dengan lebar 60 sentimeter terbentang melintasi tiga RT yaitu RT 001, RT 002, dan RT 003/RW 001 mulai dari gapura pintu masuk kampung sampai ujung seberang kampung.
Selain bendera 500 meter, ada juga bendera 200 meter dibentangkan dibagian lainnya dan sebanyak 200 bendera berukuran kecil juga dipasang di tepi-tepi jalan kampung.

Warga RT 001/RW 001 mengatakan pemasangan bendera sepanjang 500 meter dikarenakan dukuh tersebut menjadi perwakilan kecamatan dalam lomba K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban) tingkat Kabupaten Klaten.
Pembuatan bendera itu dikerjakan seorang penjahit di kampung tersebut. Butuh waktu sepekan untuk menjahit bendera sepanjang 700 meter dan 200 lembar bendera kecil. Total anggaran yang dipakai untuk membuat bendera itu Rp2,1 juta.

Pembuatan bendera panjang dinilainya belum ada yang melakukan. “Kami harus bikin gebrakan. Awalnya kami rencana potong-potong 50 meteran. Lalu kami pikir kalau disambung bagimana? Kalau enggak sulit enggak apa. Akhirnya kami coba,” kata salah warga satu warga RT 001.

Menurut rencana, tim penilai lomba K3 bakal menyambangi dukuh tersebut pada 23 Agustus mendatang. Ketua BPD Desa Sorogaten itu berharap upaya yang dilakukan warga berbuah juara. Sutomo berharap, ada perhatian dari pemerintah desa dan kecamatan, semacam dorongan spiritual-material untuk meningkatkan taraf kehidupan sosial masyarakat. “Warga bisa diberi pelatihan yang bisa mengangkat taraf hidup warga misal kerajinan hingga pengolahan hasil panen. Saya juga berharap kerukunan warga di sini juga semakin kuat.”

Melalui bendera itu ia ingin menyatukan masyarakat supaya kerukunan terus berjalan, bergotong royong, dan bekerja bersama merangkul semua kalangan.

telah dibaca: 14 kali

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *