Wisata Lahan Refugia Jadi Magnet Baru di Klaten

WhatsApp Image 2018-01-05 at 09.49.49
WhatsApp Image 2018-01-05 at 09.49.54
WhatsApp Image 2018-01-05 at 09.52.10
WhatsApp Image 2018-01-05 at 09.52.12

KLATEN – Lahan tanaman refugia di beberapa wilayah di Kabupaten Klaten menjadi tujuan baru wisatawan. Tanaman berbagai bunga yang sebenarnya untuk habitat predator hama padi itu ramai dikunjungi.

Kepala Desa Bono, Kecamatan Tulung, Bakdiyono mengatakan, pemerintah desa tidak menduga tanaman refugia yang berisi berbagai jenis bunga itu akan menjadi magnet baru wisatawan. “Pengunjung ada yang datang dari Solo, Purwodadi, Boyolali bahkan pemudik dari Jakarta juga ada,” ungkapnya, Jumat (5/1).

Dikatakannya, lahan refugia itu ditanam di sepanjang tepi jalan desa yang berupa persawahan sejak tahun 2016. Namun sejak dicanangkan Bupati, Sri Mulyani menjadi program daerah tahun 2017, tanaman diperluas. Tujuan awalnya untuk mengantisipasi hama wereng dan penggerek batang di lahan pertanian seluruh desa yang luasnya 100 hektare.

Namun justru yang muncul menjadi objek wisata baru bagi warga. Warga datang menikmati deretan bunga di sepanjang jalan, berswafoto atau selfi atau sekadar jalan-jalan. Tidak saja hari libur atau akhir pekan, hari biasa pun ramai dikunjungi warga. Apalagi saat sore hari ketika udara cerah, ratusan wisatawan bisa datang bersamaan.

Bahkan lahan refugia di desanya menjadi juara lomba tingkat eks kawedanan Jatinom. Di Desa Sentono, Kecamatan Karangdowo refugia juga menjadi magnet baru warga. ” Yang jelas selain aman dari hama, pemandangan tambah asri,” katanya.

Penjual makanan dan usaha kecil pun bermunculan di sekitar lokasi. Pemerintah desa berencana menggarap wisata refugia sebagai potensi wisata. Koordinasi dengan BUMDes, karang taruna, PKK dan lainnya sudah dilakukan. Tanaman refugia, kata Bakdiyono, sebenarnya hampir semua desa menanamnya. Namun desanya paling intensif sebab juga menjadi hiburan warga desa.

Sumber

Bagikan melalui:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *