1.627.905 Kg Raskin Didistribusikan

Kasubbag Perindagkop dan UKM, Budi Sarjono melihat RaskinKlaten – Bagian Perekonomian Kabupaten Klaten melakukan pembagian jatah Beras Miskin (Raskin) bulan Mei 2016. Sebanyak 108.527 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) yang tersebar di 401 desa/kelurahan menerima beras dengan berat keseluruhan mencapai 1.627.905 Kg. “Panyaluran ini dilakukan  mulai tanggal 10 hingga 19 Mei secara bertahap. Dalam sehari pendistribusian dilakukan di 3 hingga 5 kecamatan,” kata Kasubbag Perindagkop dan UKM, Budi Sarjono, Selasa (17/05).

Sesuai ketentuan, imbuh Budi, alokasi Raskin di Klaten untuk Bulan Februari dan Maret beras Kwalitas Premium. Sedangkan untuk bulan Januari, April dan Mei, beras yang didistribusikan berkwalitas medium. Dan untuk bulan Juni,  yang bertepatan dengan bulan Puasa, jadwal pembagian Raskin dilakukan dua kali. “Sekali kwalitas Premium dan sekali kwalitas Medium,” tambah Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, masyarakat yang menerima jatah Raskin tidak sesuai ketentuan atau terdapat kutu dan lainnya bisa langsung melaporkan ke Bagian Perekonomian serta ke gudang Bulog terdekat. Dalam waktu 24 jam, beras yang tidak layak tersebut akan diganti oleh anggota tim Raskin. “Jangan takut untuk melapor. Kalau tidak sesuai ketentuan, pasti akan diganti,” papar Budi.

Sementara itu, Kepala Desa Ngaran, Kecamatan Ceper, Hari Wibowo mengatakan, pengambilan dan pembayaran Raskin dikoordinir setiap Rt. Kemudian, uang disetor kepada petugas Raskin desa. “Selama ini pendistribusian dan penerimaan berjalan lancar tanpa ada komplain. Warga membayar Rp1600/Kg atau total sebesar Rp24.000 setiap sak berisi 15 Kg,” urainya.

telah dibaca: 44 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *