10 Kampung KB di Klaten Disiapkan Jadi Pioner Program Dashat

KLATEN – Sebanyak 10 desa di Klaten melalui Kampung KB-nya dipersiapkan menjadi percontohan pelaksanaan Program Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat 2021. Desa Gemblegan, Kalikotes Klaten dipilih secara seremonial dilaksanakan program Dashat disaksikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo secara virtual bertempat di Gedung Baru Kominfo (Jumat, 20/08).

Acara ditandai dengan pembacaan deklarasi kesiapan pelaksanaan Program Dashat di Klaten oleh Kepala Desa Gemblegan Waloya dan penyerahan alat masak, bahan makanan lokal dan buku menu oleh Ketua TP PKK Klaten Endang Yoga Hardaya didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten Muh Nasir.

“Kami mempersiapkan 10 desa dengan kampung KB-nya untuk melaksanakan Program Dashat menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. Jadi program ini akan berkelanjutan. Nanti pemerintah memberikan bantuan program pendampingan. Untuk Program Dashat sendiri nanti menggunakan APBD Desa” kata Muh Nasir (Jumat, 20/08) seperti disampaikan kepada Tim Pemberitaan Kominfo Klaten.

Sedangkan Hasto Wardoyo dalam arahannya menekankan kalau Program Dashat Kampung Keluarga Berkualitas ini untuk menurunkan angka stunting secara keseluruhan. Peluncuran program ini sebagai awalan dan perlu melibatkan banyak komponen.

Baca Juga:  Bupati Klaten Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya 2020

“Program Dashat ini guna membangun generasi sehat bebas stunting khususnya melalui perbaikan gizi di 1000 hari pertama kehidupan. Para orang tua harus pintar dan fokus mempersiapkan bayi. Tidah harus dengan makanan mahal. Ikan, telur dan makan lokal sebetulnya cukup dan tidak harus dengan makan cepat saji. Gunakan uang itu untuk merebut kualitas anak di 1000 hari kehidupan. Semua potensi harus terlibat baik TP PKK, kepala desa, camat, bupati khususnya kader penyuluh sendiri” pungkasnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 137 kali

Comments are closed.