Seminar Program Indonesia Pintar

Klaten – Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) selenggarakan seminar Forum Dialog Program Indonesia Pintar (PIP) bertempat di Hotel Grand Tjokro Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (09/03/2019). Forum Dialog ini dihadiri sekitar 200 peserta, diantaranya perwakilan guru, IPKH, kepala sekolah, dan perwakilan dari siswa siswi Kabupaten Klaten. Acara ini berlangsung sekitar pukul
15.00 sampai 17.00 WIB.

Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo, Wiryanta menyampaikan peran dan fungsi Kemenkominfo dalam membantu menyebarluaskan Visi dan Misi Presiden dalam Pendidikan serta membantu mengurangi angka putus sekolah.Dengan adanya seminar mengenai Program Indonesia Pintar diharapkan peserta dapat memahami dalam penggunaan Kartu Indonesia Pintar dengan sebaik-baiknya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Sri Nugroho dalam dialognya menuturkan penyaluran KIP di Kabupaten Klaten hampir 100 persen, ini sangat membantu kabupaten kami dalam mengurangi angka putus sekolah,” terangnya.

Jumlah siswa penerima manfaat PIP tahun 2018 di Kabupaten Klaten, kata Nugroho, sudah mencapai 86.832 siswa, yaitu sebanyak 59.926 siswa Sekolah Dasar (SD), 26.534 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 372 siswa pendidikan kesetaraan (Diktara).
“Dari jumlah tersebut telah mengurangi angka putus sekolah yang jumlahnya pada tahun 2017 sebanyak 136 siswa, berkurang menjadi 54 siswa di tahun 2018. Dengan demikian, angka putus sekolah berkurang sebanyak 60 persen di tahun 2018,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya, Program Indonesia Pintar juga membantu pemerintah daerah (pemda) dalam mendukung program pendidikan dasar sembilan tahun.
“Dengan PIP otomatis dapat mendukung program pendidikan dasar semKlaten – bilan tahun, karena siswa rentan miskin atau miskin dapat terbantu untuk terus bersekolah sampai tingkat atas (SMA),” imbuhnya.

Sri Nugroho menerangkan dalam pencapaian program PIP juga termonitoring oleh Dinas Pendidikan supaya penyaluran sesuai sasaran target program PIP.

telah dibaca: 82 kali

Comments are closed.