173 Pejabat Administrator Klaten Dilantik Setara Pejabat Fungsional

KLATEN – Sebanyak 173 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dilantik di Pendopo Kabupaten, Rabu (29/12/2021). Pelantikan terterkait dengan pemberlakukan nomenklatur baru atau Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di lingkungan Pemkab Klaten.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah/janji tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Sebanyak 173 pejabat tersebut dilantik sebagai pejabat fungsional melalui mekanisme penyetaraan jabatan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan pelantikan ini merujuk peraturan dan perundang-undangan tentang pengelolaan kepegawaian serta tindak lanjut surat Mendagri Nomor 800/8309/OPDA tertanggal 16 Desember 2021 perihal persetujuan penyetaraan jabatan di lingkungan pemerintah daerah. Selanjutnya para pejabat fungsional yang sudah dilantik akan diserahi tugas dan tanggung jawab manajerial sebagai koordinator dan sub-koordinator pelaksana kegiatan.

“Melalui penyetaraan jabatan ini diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi di Klaten menjadi lebih baik. Begitu juga pemangku jabatan fungsional diharapkan memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan, kompetensi, serta kinerjanya,” ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya penyetaraan ini, ASN yang bersangkutan mempunyai peluang yang lebih luas lagi dalam mengembangkan ide kreatif serta jenjang karir ke depannya. Ia pun meminta para pejabat memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Terbaik Kedua Penghargaan Pendukung Program KUR 2021

“Saya mengajak kepada pejabat yang barusaya lantik untuk memaknai transformasi ini dengan positif dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Pejabat struktural dan fungsional adalah sama-sama pejabat, hanya basisnya yang berbeda. Fungsional berbasis kompetensi sedangkan struktural berbasis manajerial. Untuk itu manfaatkan peluang dan jalan lebar ini dengan sebaik-baiknya, jadikan transformasi ini ke arah yang positif, kita ubah mental kita untuk menjadikan lebih kompeten,” paparnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 319 kali

Comments are closed.