5.000 Warga Klaten Ikuti Vaksinasi Covid-19

Klaten – Sebanyak 5.000 warga Kabupaten Klaten mengikuti vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Senin (21/6/2021). Kegiatan vaksinasi tersebut dilakukan secara estafet hingga Jumat (25/6/2021).

Kegiatan ini merupakan dukungan tiga pilar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Polres Klaten, dan Kodim 0723 Klaten. Kegiatan tersebut merupakan upaya percepatan vaksinasi masyarakat dan langkah pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Klaten.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten Cahyono Widodo mengatakan vaksinasi terpadu ini menyasar petugas publik, lansia, dan masyarakat umum yang sudah terdata. Kegiatan ini disokong tenaga medis dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Klaten, serta petugas kesehatan TNI dan Polri.

“Setiap hari rata-rata 1.000 orang per hari, dilakukan secara berkesinambungan. Kegiatan ini untuk masyarakat yang belum mendapatkan vaksin atau vaksin baru,” ungkapnya ditemui di lokasi vaksinasi.

Adapun target vaksinasi Kabupaten Klaten mencapai 980 ribu warga. Sementara ini, kata Cahyono, baru 85 ribu warga Klaten yang mendapat vaksin dosis pertama dan sekita 50-ribu warga yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Baca Juga:  Polda Jateng Terapkan Manajemen Kontigensi Penanganan Covid-19 Di Klaten

“Kegiatan ini tentu akan meningkatkan masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi. Sesuai instruksi pemerintah untuk untuk melakukan percepatan vaksinasi,” katanya.

‘Ditanya terkait sasaran, ia menjelaskan vaksinasi dilakukan berdasarkan data base yang sudah dikantongi Dinkes Klaten. Sementara data dari laman pedulilindungi.id masih belum dapat digunakan lantaran berkaitan dengan ketersediaan vaksin di Kabupaten Klaten.

‘Dalam kesempatan yang sama, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah “Satu Juta Vaksin”. Kegiatan ini juga akan ditunjang program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Polres Klaten pada Sabtu (26/6/2021).

“Secara umum pelaksanaan vaksinasi massal ini sama seperti vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan. Di antaranya berusia di atas 18 tahun dan dalam kondisi yang sehat,” katanya usai meninjau kegiatan vaksinasi.

Diharapkan dengan vaksinasi ini, imunitas masyarakat terbentuk dan menjadi percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Klaten. “Meskipun sudah divaksin, jangan sampai mengabaikan disiplin prokesnya. Tetap jaga diri dan jaga kesehatan,” ungkapnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 1410 kali

Comments are closed.