5 Kuliner Khas Klaten, Wajib Dicoba Saat Libur Lebaran

KLATEN – Selain dikenal sebagai daerah dengan keindahan wisata alam mata air alaminya, Kabupaten Klaten pun menyimpan kekayaan kuliner. Makanan khas Klaten pun menjadi salah satu alasan mengapa Anda perlu berkunjung ke Kota Bersinar.

Berada di antara dua kota besar; Surakarta dan Yogyakarta, Klaten menjadi kota yang banyak disinggahi. Letak geografis ini pula yang kian memperkaya cita rasa kuliner Klaten. Sayang jika melewatkan wisata kuliner khas Klaten saat libur lebaran kali ini. Mulai dari soto, nasi ayam, bakmi, sampai ayam panggang siap menyambut lidah Anda di sini!

 

1. Sop Ayam Pecok

Sop dengan cita rasa gurih dengan aroma kaldu ayam yang mantap ini bisa dibilang sebagai ikon kuliner Klaten. Sobat Bersinar, rasanya kurang pas kalau pulang kampung atau singgah ke Klaten tanpa mencicipi kuliner ini.

Ada berbagai macam jenis sop ayam yang ditawarkan seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam. Berbeda dengan sop pada umumnya, sop ayam pecok ini tidak menggunakan bumbu jahe hingga santan. Sop ayam pecok asli Klaten mengandalkan  ayam kampung sebagai kaldunya sekaligus isiannya. Dengan kuah bening, sop ini sangat enak dinikmati dengan ditemani lauk pauk yang tersedia seperti tempe, tahu, dan perkedel.

Baca Juga:  Hardiknas 2022, Wabup Klaten : Inovasi Pendidikan Untuk Tingkatkan Pembelajaran Siswa

Referensi :

Sop Ayam Pak Min Klaten (Jl. Mayor Kusmanto, Semangkak, Kec. Klaten Tengah)

Sop Ayam Bu Lastri (Jl. Rajawali, Bareng Kidul, Kec. Klaten Tengah)

Sop Ayam Alunda (Jl. Kepodang, Bareng Kidul, Kec. Klaten Tengah)

 

2. Sate Kambing

 

Meski jamak ditemui di berbagai tempat dan kota, sate kambing asal Klaten memiliki rasa yang khas dan bisa membuat Sobat Bersinar untuk datang kembali.

Mulai dari bumbu rempah hingga kecap yang digunakan dibuat dan diracik khusus hingga rasa yang dihadirkan menarik lidah untuk mencicip. Daging kambing yang digunakan biasanya berasal dari kambing yang belum dewasa, sehingga menghasilkan daging yang lebih cepat matang dan empuk.

Selain sate kambing, biasanya juga disajikan menu olahan daging kambing lainnya. Seperti gulai, tongseng, dan tengklang.

Referensi :

Sate Kambing Tali Roso Pak Tri (Jl. Raya Sel. Wedi, Gadungan, Kec. Wedi)

Sate Kambing Pak Kamto (Jl. Jatinom-Boyolali KM 13)

Sate Kambing Pak Bejo (Kwaren, Ngawen, Kec. Klaten Utara)

Baca Juga:  Wankes Kecamatan Dilantik, Wabup : Jaring Potensi Seni di Desa

Sate Kambing Pak Codot (Jl. Bayangkara, Pondok, Klaten, Kec. Klaten Tengah)

 

3. Nasi Tumpang Lethok

Satu lagi kuliner makyus yang perlu dicoba ketika berada di Klaten. Yaitu nasi tumpang lethok.

Kuliner ini tersebar di berbagai sudut Kota Klaten. Pagi hingga siang, kuliner ini bisa ditemui di beberapa warung Jl Mayor Kusmanto. Sedangan saat malam hari, kuliner ini bisa dicari di seputaran Alun-alun Klaten dan Jl Rajawali (dekat Alun-alun).

Nasi tumpang lethok merupakan kudapan yang terdiri dari nasi putih itu sendiri, ditambah dengan gudangan atau urap daun pepaya, bayam dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui, lantas racikan itu disiram dengan kuah lethok nan gurih.

Soal lauk, jangan ditanya. Coba pesan porsi komplit, maka di satu piring akan dihiasi dengan koyor, krecek, hingga telur rebus. Masih ada pilihan ayam kampung yang diungkep dengan santan dan tahu tempe yang tidak kalah menggoyang lidah.

Referensi :

Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti (Tegaltalang, Semangkak, Kec. Klaten Tengah)

Nasi Tumpang Koyor (Jl. Mayor Kusmanto, Bramen, Sekarsuli, Klaten Utara)

 

5. Ayam Panggang

Makanan khas Klaten selanjutnya adalah ayam panggang Klaten. Salah satu ciri khas dari olahan ayam satu ini adalah bumbu rempahnya yang melimpah dan gurihnya areh.

Baca Juga:  Jalin Silaturahmi, Pemkab Klaten Adakan Halal Bihalal Terbatas

Kuliner ini merupakan resep turun temurun dan wajib dicoba saat bertandang ke Kabupaten Klaten. Biasanya ayam panggang disajikan sebagai pelengkap acara adat masyarakat yang digelar. Bumbu yang kaya menghasilkan cita rasa gurih dan manis saat dipanggang. Lebih nikmat lagi kalau dimakan bersama nasi panas dan sambal yang menggugah selera.

Referensi :

Ayam Panggang Ny. Anggraini (Jl. Rajawali no. 113 Kel. Kabupaten, Kec. Klaten Tengah)

Ayam Panggang Mbah Dinem (Jl Sungkur, Semangkak, Kec. Klaten Tengah)

(bel-ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 350 kali

Comments are closed.