540 Santri Cilik Penghafal Al-Qur’an Klaten Diwisuda

KLATEN – Sebanyak 540 santriwan dan santriwati cilik yang dinyatakan lulus munaqosah (uji hafalan qur’an) mengikuti prosesi wisuda di acara Wisuda Akbar Klaten Menghafal Ke-5 Tahun 2021 di Gedung Srikandi, Karanganom, Klaten (Ahad,19/12).

Acara yang digagas Yayasan Guru Ngaji Berdaya itu juga menghadirkan penceramah kondang asal Yogyakarta, Ustad Puji Hartono.

“Acara ini adalah puncak kegiatan dari serangkaian kegiatan Klaten menghafal yang sebelumnya diikuti berjumlah 2.800 santri. Setelah diseleksi dan dilakukan munaqosah sebanyak 1.200 santri. Dan akhirnya sebanyak 540 santri dinyatakan lulus dan diwisuda” kata Ketua Panitia Wisuda Akbar Klaten Menghafal Ke-5 Tahun 2021 Dhohir Subagyo dalam rilis yang diterima Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Ahad kemarin (19/11).

Diterangkan pria yang tinggal di Srowot, Jogonalan, Klaten kalau santri yang diwisuda terdiri dari 181 lembaga baik sekolah maupun TPA yang di lembaganya diselenggarakan tahfiz Al-Qur’an.

Direncanakan untuk kegiatan Klaten Menghafal tahun depan target capaian santri adalah hafalan juz 30.
“ Acara Wisuda Akbar Klaten Menghafal Ke-5 Tahun 2021 ini dikelompokkan jadi tiga. Yakni kriteria A yang diujikan surat An-Naba. Kriteria B dengan materi ujian surat Al Mulk dan C dengan materi ujian surat Ar- Rahman. Rencana tahun depan juz 30” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Terbaik Kedua Penghargaan Pendukung Program KUR 2021

Di sisi yang lain Wisuda Akbar Klaten Menghafal Ke-5 Tahun 2021 ini rupanya juga mendapat perhatian penting pemerintah. Kepala Dinas Kominfo Klaten Amin Mustofa yang hadir mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani berharap dari santri penghafal qurán ini bisa menjadi pintu keberkahan bagi masyarakat Klaten.

“Bupati Klaten menitipkan pesan untuk kalian semua para santri cilik Klaten, khususnya yang telah dinyatakan lulus di acara Wisuda Akbar Klaten Menghafal Ke-5 ini. Di sini para santri diwisuda, diberikan samir dan al qur’ an untuk lebih giat lagi menghafal al qur’án. Termasuk dapat semangat dari Ustad Puji Hartono. Anak-anak Klaten harus lebih rajin menghafal al qur’án, para orang tua gemar sedekah. Semoga dengan Klaten menghafal ini, kita bersama-sama bisa membumikan al qur’án dan memberkahkan Kabupaten Klaten” pungkas Amin Mustofa.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 83 kali

Comments are closed.