80 Tenaga Muda TIK Klaten Mengikuti Uji Kompetensi Kementerian Kominfo RI

KLATEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Regional Yogyakarta membuka uji kompetensi SDM Informatika di Hotel Grand Tjokro Klaten. Uji kompetensi diikuti 80 tenaga muda bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari 172 pendaftar. Direncanakan peserta akan uji kompetensi selama 5 hari sejak dibuka Senin (26/04/21) sampai Jumat (30/04/21) nanti.

Kepala BPSDMP Yogyakarta Zulkarnain kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten (Senin, 26/04/21) disela-sela acara pembukaan di Borobudur Balai Room Hotel Grand Tjokro Klaten menjelaskan kegiatan uji kompetensi ini untuk mendekatkan gap antara kemampuan tenaga di bidang TIK dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

“Dengan uji kompetensi ini kami bermaksud ingin menjembatani gap skill tenaga muda TIK dengan pasar kerja. Sasaran utamanya adalah lulusan SMK yang belum kerja atau lulusan D/III atau D/IV. Di klaten sendiri peminatnya sangat bagus. Dari 172 pendaftar yang masuk panitia kami menerima 80 sebagai peserta uji kompetensi. Padahal semula kami hanya merencanakan 75 peserta” kata Zulkarnaen.

Baca Juga:  Sidak Toko Modern, Kepatuhan Prokes Masih Lemah

Diacara yang juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informatika Klaten Amin Mustofa mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani itu, panitia membuka tiga kelas. Masing- masing yakni staf data manajemen diikuti 30 orang, junior web developer dengan 25 orang dan junior graphic design diikuti 25 orang.

“Semua biaya kegiatan sejak pelaksanaan ditanggung Kementerian atau free charge. Peserta nanti akan diberikan sertifikat lulus kompetensi, uang saku dan fasilitas protokol kesehatan termasuk tes antigen. Yang perlu dicatat nanti seluruh peserta yang lulus kompetensi dimasukan di Sistim Informasi Monitoring Alummni Sertifikasi atau Simonas. Di Simonas ini para tenaga TIK yang lulus kompetensi dipertemukan dengan pemilik industri sehingga lebih mudah terserap di pasar kerja” tambah Zulkarnaen.

Terkait harapan pemerintah dengan acara uji kompetensi tenaga muda TIK Klaten ini Amin Mustofa berharap para peserta menjadi ahli TI yang bermanfaat di Klaten.
“Adik-adik harus mengikuti uji kompetensi ini sungguh-sungguh. Misalnya sampai menjadi membuat website sampai pengelolaan fitur-fitur yang aplikatif. Jangan lupa besok kalau sudah jadi orang sukses tetaplah menjadi orang yang rendah hati dan gemar berbagi dengan sesama agar ilmu yang dimiliki menjadi berkah” pesan Amin Mustofa.

Baca Juga:  Kendaraan Dinas Wajib Parkir Saat Libur Lebaran

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 38 kali

Comments are closed.